Menulis di Blog Setiap Hari, Bisa!

 
Menulis di Blog



Siapa bilang kita tidak bisa menulis di blog setiap hari. Bisa banget kok kalau punya niat yang kuat. Ingat, niat yang kuat lho ya. Saya aja nih yang masih aras-arasen kalau kata orang Jawa. Seperti yang ditulis oleh kawan blogger saya, Mbak Deris Afriani bahwa hambatan malas menulis itu harus dilawan dari dalam diri kita sendiri.

Sebenarnya saya malu karena artikel kali ini bermaksud memberi motivasi namun diri sendiri masih suka tidak disiplin. Tapi tidak apa-apalah, semoga tulisan kali ini bisa menjadi pelecut agar bisa menulis di blog setiap hari. Biar tidak banyak tikusnya rumah yang sudah lama tidak dihuni ini.


Membiasakan Menulis di Blog Setiap Hari

Jadi segala sesuatu harus dibiasakan, termasuk menulis di blog setiap hari. Sama halnya dengan seseorang yang tidak bisa bangun pagi, maka salah satu cara agar dia bisa bangun pagi adalah memasang alarm setiap hari. 

Sama halnya dengan kegiatan menulis di blog yang membutuhkan tekad kuat untuk dapat menulis setiap harinya. Saya sendiri tidak punya tips khusus agar bisa menulis setiap hari namun saat ini punya gambaran bagaimana bisa produktif setiap hari menulis di blog.

Adapun tips dari saya agar bisa menulis di blog setiap hari antara lain:
  • Buat Bank Ide atau Tema
Sebisa mungkin tema yang ingin ditulis dikategorikan terlebih dahulu agar tidak bingun walau sudah menentukan tema. Misal hari Senin menulis tentang tema kuliner, Selasa menulis tentang review tempat dan seterusnya.

Dengan begini kalian tidak akan bingung ketika akan menulis di blog setiap hari. Karena saya sendiri pernah merasakan ketika mengikuti tantangan menulis selama 30 hari yang diadakan oleh Blogger Perempuan. Ada tema yang ditentukan oleh Blogger Perempuan sehingga saya tinggal mengembangkannya saja.
  • Tentukan Waktu yang Tepat Untuk Menulis
Sejujurnya waktu produktif saya untuk menulis ada di kisaran pukul 19.00 sampai pukul 21.00. Singkat banget ya! Karena saya belum kuat untuk melekkan seperti kawan blogger lainnya.

Saya sudah mencoba hampir 3 bulanan untuk tidur sampai jam 00.00 dini hari namun yang ada pagi harinya seperti badan sakit semua. 

Namun anehnya saya sanggup berjam-jam apabil mulai menulis di pagi hari jam 03.00 misalnya. Tapi terkendala dengan waktu kerja dan bersih-bersih rumah.

Akhirmya saya memutuskan untuk mencoba semampu badan saja ketika hendak berniat tidur malam. Biasanya sih sambil menunggu suami pulang kerja sekitar pukul 22.00 mentok mata ini kuat melek, hehehe.
  • Sering Membaca Buku
Banyak beberapa status teman blogger yang mengatakan jika tulisanmu ingin semakin bagus kualitasnya maka harus sebanyak mungkin membaca buku. Saya merasa pendapat tersebut banyak benarnya juga.

Dulu awal-awal menulis malah teman saya pernah bilang kalau tulisan saya mirip anak SD alias Sekolah Dasar, hehehe. Entah kenapa saya tidak marah dia mengatakan hal tersebut. Justru semakin menjadi pelecut untuk memacu memperbaiki kualitas tulisan.

Saya putuskan untuk membaca buku-buku ringan terlebih dahulu. Kebetulan saya pribadi suka banget baca buku non fiksi apalagi yang temanya tentang motivasi. Saya tidak terlalu suka membaca novel fiksi yang penuh imajinasi karena tidak pandai berimajinasi. 

Pernah sekali membaca novel fiksi itupun karena ikut tentangan membaca yang diselenggarakan oleh komunitas. Agak pusing juga mencerna bacaan fiksi apalagi yang bercerita mengenai kehidupan luar angkasa. 

Ohya, selain membaca buku-buku kalian juga harus melakukan tindakan ATM yaitu Amati, Tiru dan Modifikasi tulisan blogger atau penulis lainnya. Bukan berarti kalian melakukan plagiasi yah karena tentu saja hal ini melanggar hukum ada konsekuensinya jika melakukan tindakan plagiarisme.

Yang harus kalian tiru dan modifikasi dari blogger lain adalah bagaimana cara mereka menyampaikan sesuatu ke dalam bentuk tulisan. Saya punya pengalaman pribadi dimana ketika mengikuti lomba blog, tulisan saya langsung menuju poin yang ingin dibahas.

Ternyata hal tersebut kurang tepat menurut saya pribadi. Karena setidaknya ketika menulis suatu tema kita harus memulainya dengan pendahuluan agar enak untuk dibaca. Ibarat laki-laki yang naksir pada seorang perempuan tentu harus melakukan pendekatan dulu donk baru nembak, hehehe. Kalau langsung nembak nanti si perempuan tentu akan ilfeel donk ya. 

Sama dengan pembaca, tentu akan tidak betah berlama-lama membaca tulisan saya yang tidak ada pembukaannya terlebih dahulu. Bercerita dengan menggunakan gaya story telling mungkin lebih menarik untuk sebagian pembaca.

Kesimpulan

Jadi untuk kalian yang serius terjun ke dunia blogger tentu harus mempersiapkan segala sesuatu termasuk tema tulisan. Banyak tips menulis yang dibagi oleh Mbak Deris Afriani dalam blognya, kalian bisa kepoin juga lho. Saya juga terinspirasi dengan beliau.

Menulis di blog setiap hari ini bukan hal yang mustahil, akan tetapi kalianlah yang tahu kelebihan serta kelemahan diri sendiri.

Semakin banyak tulisan di blog kita dan terindeks Google semuanya, maka semua orang tanpa terkecuali di belahan bumi manapun yang terkoneksi dengan internet bisa membacanya. 

Tentu menulis di blog setiap hari merupakan personal branding tersendiri untuk kita sebagai blogger. Karena bukan tidak mungkin salah satu dari sekian banyak tema yang kita tulis menarik minat sebuah brand dan menawarkan kerja sama di kemudian hari. Menarik bukan!

Jadi tetap semangat yah untuk teman-teman blogger di luar sana. Yuk mulai latihan menulis di blog setiap hari. Saya, Anda dan Kita bisa!

Mariatanjungmenulis
Mariatanjungmenulis Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi saya via email mariatanjung81@gmail.com atau direct message via Instagram @mariatanjungmenulis

18 komentar untuk "Menulis di Blog Setiap Hari, Bisa!"

  1. Yeayyy, semamgaattt buat kita semuaaaa

    Semoga makin berkah yaa, karena menulis itu kalo diniatkan berbagi semangat/ wawasan/ pengetahuan, insyaAllah bernilai ibadah jugak

    BalasHapus
  2. setuju banget dengan semua sarannya
    Saya berhasil meningkatkan view dari 100-300 per hari jadi sekitar 3,000/hari karena berusaha 2-3 hari 1 tulisan.
    Pernah one day one post tapi mendadak ngehank :D :D

    BalasHapus
  3. Menjaga semangat menulis konten di blog itu sesuatu perlu djaga biar bagus

    BalasHapus
  4. Salut mbak maria! aku belum bisa ni, huhu. Belum bisa membagi waktu dengan baik, karena kalau sudah kecapekan duh mending aku istirahat dulu, soalnya ada 3 anak yang menanti kesabaran emaknya setiap membersamai mereka, hahaha. Anyway semangat menulis mbak maria!

    BalasHapus
  5. Aku terasa tertampar nih sama judulnya hahaha, aku nulis kalau ada lomba aja, yang organik bisa dihitung cari, tapi ini lagi coba ikutan kelas yang harus 1 hari 2 artikel kok rasanya aku langsung shock euyyy

    BalasHapus
  6. Saya nulis seminggu sekali aja dah jago haha.. alasannya ya waktu. Tp benar sih, tergantung kita membagi waktunya dan cari wkt yg pas buat nulis, jd bisa deh tiap hari nulis 👍😀

    BalasHapus
  7. Buat bank tema ya Mba Maria... noted. Kalau saya istilahnya celengan ide, hihi... saya mulai tahun 2021 ini udah gak membiasakan lagi begadang mbak... pingin jaga kesehatan, soalnya kl 1 malam begadang efek lemesnya bs sampe 3 hr :( Nice info, blog baru nih ya Mbak, semoga sukses yaa

    BalasHapus
  8. Saya dulu pernah nyoba. Nulis tiap hari dalam 2 minggu. Ternyata berat juga hahaha. Apalagi diselingi oleh berbagai tugas domestik rumah tangga dan pekerjaan lain.

    Semoga suatu saat bisa mencoba lagi ya. Seminggu dulu hahaha

    BalasHapus
  9. Bagus nih sarannya. Tapi saya masih belum bisa nih. jangankan setiap hari sebulan sekali aja udah bersyukur banget xixixii

    BalasHapus
  10. Bener sih mbak kalau kita punya niat dan tekad. Kalau aku selalu kebentur sm waktu, kdg sudah dibuat jadwal, pasti molor dri perkiraan, kdg ada hal mendadak, trs buntut2nya gagal. Kalau bank tema aku dh banyak buat. Semoga bisa menulis setiap hari.

    BalasHapus
  11. Semangat buat kita yaa kak. Terutama aku yang masih suka mageran buat nulis. Astaga...sungguh kuharus keluar dari kotak mager ini

    BalasHapus
  12. Pe-er banget buat aku nih biar bisa tulis blog tiap hari ..habis gmn ya kalo udah pegang hp bawaannya stalking sosmed mulu aku nih hihihi..harus berubah nih ya kebiasaan tak baik aku nih. Semoga bisa tulis dan updae blog tiap hari ..semangat

    BalasHapus
  13. Kalau menulis setiap hari kayaknya masih blm bisa mbak kl saya, ada waktu2 tertentu bisa nulisnya, apalagi blog saya ada 4 😁, mesti tentuin waktu yg pas

    BalasHapus
  14. Berasa kena tampar karena hambatan terbesar untuk menulis adalah diri sendiri yang terlalu asyik kodok atau nonton tv

    BalasHapus
  15. Semangat kak Maria.
    Memang menulis setiap hari bila dijadwalkan akan lebih mudah. Enaknya lagi kita juga semakin teratur mempergunakan waktu agar efektif. Jadi waktu kita gak terbuang percuma.
    Oh ya, membaca buku juga bisa membuat ide kita berkembang ya kan kak

    BalasHapus
  16. Salut sama yang bisa konsisten nulis tiap hari. Efeknya bagus buat blog. Bisa menaikan domain authority. Aku udah membuktikan. Tapi memang harus yang berkualitas juga tulisannya.

    BalasHapus
  17. Mbak, siapa yang ngatain dirimu "tulisannya kayak anak SD". Duh kok jahat sih. Kayaknya kalau anak SD akan sulit mengeluarkan opini dengan terstruktur ya.

    Alhamdulillah kalau dijadikan pemicu tapi saya suka kok tulisannya mbak Maria.

    Btw saya juga awalnya kaya Mbak, lebih suka membaca non fiksi atau ya komik atau buku cerita anak. Ternyata saya memang salah milih novel, jadi tidak menikmatinya. Sekarang ini saya latihan lebih banyak fiksi dibandingkan non fiksi. Eh jadi ketagihan, karena excited nemu yang bagus bagus.

    BalasHapus
  18. Trims tips -tips nya ya kak, peer banget nih buat saya yang nulis pas ada lomba/job saja. Saya suka berlindung Karena banyak-teman yang update blog sebulan sekali, tapi saya lupa ada teman yang update blog sehari sekali hehehe

    BalasHapus