4 Manfaat Kencur yang Perlu Anda Ketahui

 
Manfaat kencur


Kencur adalah salah satu dari sekian banyak tumbuhan herbal atau biasa disebut empon-empon yang tumbuh subur di Indonesia. Seperti yang kita ketahui bahwa negara Indonesia kaya akan rempah-rempah yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh dan salah satunya kencur ini. 

Walaupun mungkin bagi sebagian ibu rumah tangga mengenal kencur sebagai salah satu bumbu dapur yang wajib ada untuk menambah cita rasa masakan namun tak ada salahnya kita mencari tahu tentang manfaat kencur bagi kesehatan.

Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam kencur sendiri kaya akan kebaikan untuk tubuh manusia, diantaranya:
  1. Serat dan protein
  2. Vitamin antara lain terdiri dari vitamin C, vitamin K, vitamin B dan juga folat
  3. Mineral, termasuk di dalamnya zat besi, kalsium, kaliaum, magnesium dan fosfor.
Kencur sendiri memiliki nama latin Kaempferia Galanga dimana akar batangnya tertanam di dalam tanah. Berikut merupakan 4 manfaat apabila kita mengonsumsi kencur antara lain:
  • Dapat mengobati penyakit batuk dan diare
  • Sebagai bahan dasar dalam membuat jamu
  • Dapat menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi
  • Aktioksidan yang terkandung di dalamnya dapat menangkal radikal bebas.
Tentu saja manfaat kencur tidak hanya mengobati penyakit batuk, diare maupun tekanan darah. Ada pula beberapa penyakit yang dapat dicegah dengan rutin mengonsumsi kencur yaitu:
  • Mencegah penyakit kanker
  • Mengobati penyakit kencing batu
  • Dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah
  • Dan masih banyak lagi
Kita sebagai manusia harus tetap berusaha mengonsumsi minuman herbal dalam upaya memperkuat imunitas tubuh walau hasil akhirnya tetap diserahkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Mengenal Produk Almond Kencur: Minuman Herbal Kaya Manfaat

Apakah Anda pernah mendengar produk almond kencur? Jika belum, maka saya ingin memperkenalkannya kepada Anda semua bahwa sekarang kencur dapat dinikmati dengan olahan yang berbeda dengan tentu saja tidak menghilangkan khasiat dari rempah itu sendiri.

Adalah almond kencur yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia apalagi di saat pandemi seperti sekarang yang kita sendiri tidak tahu kapan akan berakhir. Maka cara efektif untuk meningkatkan imunitas adalah dengan mengonsumsi herbal dan produk sejenis.

Terkadang kesibukan kita membuat tidak sempat untuk meracik rempah-rempah yang sudah ada di dapur. Jika ada waktu pun, rasanya malas untuk meracik rempah-rempah yang kita miliki. Apalagi sekarang banyak sekali di luaran sana para pedagang menawarkan obat herbal untuk meningkatkan imunitas.

Pada kesempatan kali ini almond kencur hadir untuk Anda yang ingin terus sehat dan bugar dengan minuman herbal. Almond kencur sendiri mengandung vitamin C dan magnesium. Terbuat dari kacang almong mentah pilihan,  rempah-rempah dan bahan lainnya yang bernutrisi.

Secara alami Almond kencur mengandung antioksidan, fitonutrien dan enzim aktif yang berguna bagi tubuh. Fitonutrien sendiri merupakan senyawa kimia yang banyak ditemukan pada buah-buahan serta sayuran berwarna. 

Ada kalanya kita sering lupa atau abai melengkapi makanan dengan sayur mayur padahal itu penting. Konsumsi buah pun jika ingat saja. Apalagi jika di rumah tidak ada stok buah, pasti ada saja alasan yang dicari untuk tidak konsumsi buah.

Nah, fitonutrien yang terkandung dalam Almond Kencur dapat melengkapi manfaat buah dan sayur dalam tubuh kita.


Kesimpulan

Demikian ulasan singkat saya mengenai manfaat kencur yang perlu Anda ketahui jika di rumah barangkali ada persediaan kencur sedangkan Anda tidak dalam kondisi yang fit, maka bisa memanfaatkan rempah tersebut untuk mengembalikan vitalitas.

Namun jangan lupa ada produk olahan kencur yang bisa Anda konsumsi tanpa mengurangi khasiat dari kencur itu sendiri. Produk tersebut seperti yang saya sudah sebutkan adalah Almond Kencur yang dapat dipesan melalui website www.rejuve.co.id

Selamat mencoba!
Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi saya via email mariatanjung81@gmail.com atau direct message via Instagram @mariatanjungmenulis

11 komentar untuk "4 Manfaat Kencur yang Perlu Anda Ketahui"

  1. Mbaaak ... Aku suka sekali jamu beras kencur...kalau diminum membuat badan segar... Wah jadi penasaran dengan almond kencur nih...trims recomendasinya ya mbak

    BalasHapus
  2. Aku pake kencur buat bikin sayur bening bayam wortel mbak.
    Meski yang lain pakenya temu kunci, kalau aku lebih suka kencur.
    Juga buat bikin urap atau pecak ikan gurame. Ah masyaallah lezat banget

    BalasHapus
  3. Ada sebuah anekdot, kaitannya dengan kencur. Katanya, istri dilumuri saja dengan kencur seluruh badan. Diamkan beberapa saat, lalu ciumlah. Maka, suami akan berkata, "Wah, istriku perempuan bau kencur!"

    Di artikel ini kok nggak ada almond kencur ya? Apa memang cuma tulisan aja ya?

    BalasHapus
  4. Ternyata kencur ini banyak banget manfaatnya untuk tubuh ya kak. Dan yang paling sering dijumpai itu jamu gendong yang sering keliling kampung menjual jamu pake sepeda atau gak digendong dipunggung.

    BalasHapus
  5. Ngomongin kencur jadi ingat gado-gado. Kencur ini khas banget rasa dan aromanya. Ternyata selain untuk rempah, bisa juga ya untuk pengobatan herbal.

    Baru dengar nih ada olahan almond + kencur. Penasaran euuyyy... Selama ini tahunya almond + kacang tanah jadi bumbu gado2. Kalau almond + kencur gimana ya???

    BalasHapus
  6. Aku baru tau apa itu empon-empon. Padahal aku orang Jowo. Hehe.. Banyak juga manfaat kencur. Banyak pula mengandung serat dan protein. Biasanya minum beras kencur aja. Hehe

    BalasHapus
  7. Almond kencur ini maksudnya kacang almond rasa kencur atau bagaimana, Mbak? Soal kencur sendiri memang sangat banyak khasiatnya, umumnya dipadukan dengan beras buat pengurang nyeri haid

    BalasHapus
  8. Almond dan kencur secara terpisah saja mempunyai manfaat sendiri-sendiri. Saya belum pernah lihat mereka digabung. Selama disajikan dengan rasa yang enak dan gak terlalu aneh, saya pasti gak ragu mengonsumsinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama nih. Selama rasanya gak aneh dan khasiatnya bagus untuk tubuh ya pastinya gak bakal ragu untuk konsumsi

      Hapus
  9. Saya suka nih bikin pecel pake kencur. Baunya khas dan bikin pecel saya jadi terasa lebih nikmat. Eh ternyata manfaat kencur juga banyak yang tidak kalah dengan jenis rempan lainnya

    BalasHapus
  10. kencur itu bikin seger sih ya, jadi keinget klo pas di desa dlu sering dikasaih jamu beras kencur sama ibu, beli di pasar sih, tapi ada pedagang yang jamu beras kencurnya enak dan seger banget, huhu, skrg gak pernah minum lgi

    BalasHapus