Manfaat Donasi Bagi Masyarakat Selama Pandemi

 
Manfaat donasi

Pernahkah Anda melakukan donasi dalam hidup ini? Jika pernah, maka saya ucapkan selamat karena dengan melakukan donasi artinya hati nurani Anda masih terketuk untuk berbuat kebaikan kepada sesama manusia.

Dalam masa pandemi ini banyak sekali dampak ekonomi yang diakibatkan selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau yang akrab dikenal dengan PPKM, sebut saja:
  1. Menurunnya omset penjualan bagi sebagian perusahaan. 
  2. Meningkatnya angka pengangguran dikarenakan beberapa perusahaan melakukan pengurangan tenaga kerja akibat lesunya ekonomi.
  3. Menurunnya omset penjualan bagi pelaku UKM dikarenakan beberapa usaha yang tidak berhubungan dengan bidang esensial diharuskan untuk melakukann WFH atau yang lebih dikenal Work From Home.
  4. Angka kemiskinan meningkat
Point keempat sangat membuat hati saya sedih apalagi ketika membuka akun media sosial yang menampilkan potret msyarakat miskin yang ada di Indonesia. Saya tidak bisa berbuat apapun untuk menolong dan berdonasi dikarenakan masyarakat miskin yang diberitakan di media sosial tersebut berada di kota yang berbeda dengan saya. Akhirnya saya pun melakukan donasi online kepada yayasan yang menampung sumbangan dari para donatur untuk diteruskan kepada masyarakat miskin yang membutuhkan uluran tangan.

Beberapa manfaat donasi yang kita lakukan bagi masyarakat selama pandemi ini tentu sangat berarti walau nominalnya tak seberapa. Adapun manfaat donasi yang dapat kita ambil hikmahnya antara lain:
  1. Melatih kepekaan sosial 
  2. Menolong orang lain yang membutuhkan uluran tangan kita
  3. Menimbulkan rasa bahagia bagi orang yang melakukan donasi.
  4. Untuk donasi yang dilakukan secara online, maka proses penyampaian lebih cepat dan terorganisir dan juga transparan.

Donasi Online untuk Bantu Anak Indonesia

Situs www.supportunicefindonesia.org adalah salah satu website yang turut menyediakan layanan penggalangan dana untuk para masyarakat khususnya anak-anak yang tengah membutuhkan uluran bantuan dari Anda. Dengan donasi yang Anda berikan atau sumbangan melalui UNICEF, akan sangat berarti bagi mereka yang sedang mengalami kesulitan ini.

Penggalangan dana yang saat ini masih dilakukan oleh UNICEF akan langsung disalurkan kepada mereka yang membutuhkan. Terlebih di negara yang sedang mengalami krisis kemanusiaan yang disebabkan oleh berbagai hal, maka UNICEF akan sigap memberi bantuan.

Masih kental dalam ingatan kita tentang beberapa waktu lalu saat terjadi kasus krisis kemanusiaan di Rohingya yang berimbas pada beberapa warganya termasuk anak-anak yang mengalami berbagai krisis seperti kehilangan tempat tinggal, minimnya pasokan bahan makanan, kebutuhan akan pakaian serta kebutuhan pokok lainnya.

Nah, untuk meringankan kasus krisis kemanusiaan yang terjadi seperti di Rohingya ini, tentunya masih bisa dibantu dengan uluran tangan dari Anda melalui UNICEF.

UNICEF sendiri merupakan suatu lembaga dunia yang mengurusi segala permasalahan anak di seluruh dunia di bawah naungan PBB. UNICEF merupakan salah satu lembaga internasional yang masih dipercaya sampai saat ini dalam upaya membantu segala permasalahan para anak di seluruh penjuru dunia. 

Dengan memberikan bantuan yang dilakukan secara transparan tanpa ada yang ditutupi bisa menjadikan sebuah bukti bagi dunia bahwa UNICEF ini sangatlah kredibel dan profesional dalam menyalurkan donasi Anda ke pihak yang tepat sasaran.

Anda pun bisa berdonasi dalam rangka kemanusiaan, salah satunya dengan cara bergabung melalui duta UNICEF yang ada di berbagai negara, termasuk juga di Indonesia. Atau ada cara yang lebih praktis dalam mewujudkan niat baik Anda dalam mendonasikan sebagian uang yang dimiliki, dengan melakukan donasi online melalui salah satu lembaga terpercaya di website www.supportunicefindonesia.org.

Dan cara untuk memberikan donasi secara online sendiri adalah sebagai berikut:
  1. Kunjungi website UNICEF Indonesia, di situs donasi www.supportunicefindonesia.org
  2. Klik 'donasi sekarang'
  3. Pilih jenis donasi yang diinginkan
  4. Isi jumlah donasi yang Anda inginkan
  5. Isi data diri Anda secara lengkap seperti nama, nomor handphone serta alamat email yang aktif digunakan 
  6. Lalu tinggal pilih metode pembayaran
  7. Anda akan mendapatkan notifikasi donasi yang telah dilakukan setelah melakukan pembayaran.
Caranya cukup mudah bukan? Berapapun jumlah donasi Anda akan sangat berarti bagi mereka yang sedang membutuhkan. Mari bergabung bersama UNICEF untuk membantu orang-orang yang lebih membutuhkan.


Mariatanjungmenulis
Mariatanjungmenulis Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi saya via email mariatanjung81@gmail.com atau direct message via Instagram @mariatanjungmenulis

7 komentar untuk "Manfaat Donasi Bagi Masyarakat Selama Pandemi"

  1. Thx infonya. Pandemi ini menjadi kesempatan bagi orang-orang mampu untuk bekerja sama dan berdonasi membantu mereka yang membutuhkan

    BalasHapus
  2. Terimakasih informarsinya mbak. Semoga makin banyak yang terketuk hatinya untuk ikut donasi bagi orang orang yang membutuhkan.

    BalasHapus
  3. Makasih sharingnya sangat bermanfaat sekali, semoga makin banyak yang ikut donasi sehingga bermanfaat bagi orang lain

    BalasHapus
  4. Terima kasih infonya mbak, memang di masa pandemi ini terutama saat PPKM, banyak masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi, semoga semakin banyak orang yang berdonasi untuk bantu orang lain melewati kesulitan karena pandemi.

    BalasHapus
  5. Berdonasi tidak buat kita jadi miskin kan ya.. dengan donasi buat orang yang membutuhkan bisa rasakan juga kebahagiaan.

    BalasHapus
  6. Ini masa yang benar-benar sulit buat banyak orang. Jika kita punya,.banyak maupun sedikit, inilah saatnya mengulurkan tangan..

    BalasHapus
  7. Semoga dengan berdonasi dapat meringankan beban penderitaan masyarakat saat pandemi seperti ini ya Mbak Maria

    BalasHapus