Tips Sehat Untuk Karyawan

 
Tips hidup sehat


Kalau kalian yang membaca artikel saya sebagai seseorang yang bekerja kantoran, maka saya punya tips sehat untuk karyawan nih. Seorang karyawan seharusnya menerapkan pola hidup sehat agar tetap semangat bekerja dan tidak gampang sakit.

Jika kalian sudah jadi ibu pasti punya cara untuk menjaga imun keluarga. Tapi bagaimana jika masih belum berkeluarga namun dituntut untuk bekerja selama 8 jam sehari, tentu harus memikirkan diri sendiri donk. Bagi yang belum menikah, tidak mungkin bergantung pada Ibu sebagai orang tua yang selalu mengingatkan untuk makan dan sebagainya. Ibu juga akan menua seiring berjalannya waktu, sehingga bagi kalian yang sudah bekerja sudah mulai untuk memperhatikan kesehatan diri sendiri.

Saya ingin bercerita sedikit mengenai dua orang rekan kerja di kantor yang sangat tidak concern terhadap kesehatannya. Sering kali saya nasehati namun tidak mempan juga. 

Baiklah saya mulai saja ceritanya ya. Demi menjaga privasi mereka berdua, maka saya akan sebut inisial saja.

Pria Dengan Kecanduannya Terhadap Kopi

Sebut saja namanya Jono yang sangat keranjingan minum kopi. Kalau dihitung-hitung, ada sekitar 5 sampai 6 kali Jono minum kopi entah di kantor ataupun pergi ke warkop.

Karena terlalu sering minum kopi akhirnya Jono sering tidak masuk kerja dengan alasan sakit kepala hebat. Namun dia tidak memeriksakan kesehatannya. Kami semua teman kantornya curiga Jono terkena tekanan darah tinggi akibat intensitas tinggi minum kopi.

Untungnya Jono masih single, jadi tidak masalah juga mau dialokasikan uangnya hanya untuk membeli secangkir kopi. Tapi kalau terus menerus bisa mengakibatkan kantong bolong dan kesehatan makin menurun donk.

Lelaki Yang Selalu Begadang dan Lupa Makan

Nah, kalau ini unik sekali saudara-saudara. Sebut saja nama teman saya ini Joni dimana walau sudah memiliki istri namun hidupnya tidak teratur macam bujangan saja.

Si Joni sering sekali pulang larut malam sampai pukul 22.00 WIB entah apa yang dikerjakan. Ya walaupun banyak pekerjaan namun setidaknya bisa membuat manajemen waktu yang baik agar tidak keteteran dalam bekerja.

Joni suka sekali jajan di luar macam gorengan, pentol kalau sebutan di Surabaya sampai batagor yang bumbunya dicampur jadi satu dan dimakan dengan merobek ujung plastiknya. Hampir setiap hari minum kopi sachetan dan jarang terlihat makan nasi. Ya ampuun, gimana itu metabolisme tubuhnya yak.

Beberapa kali Joni sering izin tidak masuk dikarenakan sakit pada bagian leher sampai kepala. Sepertinya ada gejala kolesterol namun hingga saat ini Joni enggan memeriksakan diri ke dokter.

Tips Sehat Untuk Karyawan yang Selayaknya Dilakukan

Dari cerita mereka berdua, ada beberapa kelalaian dalam menjalani pola hidup yang seharusnya dihindari, antara lain:
  • Konsumsi segala makanan atau minuman yang berisiko mengganggu kesehatan
Minum kopi terlalu sering, makan gorengan terlalu banyak dan konsumsi fast food dengan intensitas tinggi menimbulkan beberapa risiko penyakit yang menumpuk di beberapa tahun ke depan. Mungkin dampaknya tidak terlihat di saat ini namun ketika usia beranjak menua maka otomatis metabolisme tubuh akan mengalami penurunan yang signifikan.
  • Begadang sampai larut malam
Bagi lelaki, mungkin hal ini masih agak susah dilakukan karena biasanya ada tuntutan bersosialisasi dengan teman sebaya. Perempuan pun terkadang sering melakukannya walau tidak harus nongkrong dengan teman sebaya.

Main game online sampai larut malam juga tidak sehat lho bagi kesehatan kita. Apalagi setelah seharian bekerja lalu masih disambung dengan bermain game online di smartphone tentu selain tidak sehat bagi mata juga tidak memberi kesempatan otak untuk beristirahat.

Teman perempuan saya kecanduan bermain game online sampai jam 01.00 dini hari padahal keesokan harinya dia harus bekerja masuk ke kantor pukul 08.00 tepat. Saya pribadi mungkin tidak sanggup seperti apa yang teman saya lakukan. Namun sekali lagi hidup itu pilihan tinggal bagaimana kita mau apa tidak menjalani hidup sehat.

Lalu bagaimana agar karyawan bisa hidup sehat sembari bekerja selama 8 jam setiap hari di kantor, berikut tips sederhana dari saya :
  • Buat manajemen waktu untuk diri sendiri
Main game online boleh-boleh saja, nongkrong ya engga dilarang juga namun semua ada batasnya. Yang tahu akan kekuatan tubuh kita ya kita sendiri.

Sebisa mungkin buatlah manajemen waktu agar hidup kalian tidak berantakan yang akhirnya berdampak pada menurunnya kesehatan.

Coba misal sisihkan 2 jam untuk bermain game online, minum kopi cukup maksimal 2 gelas sehari dan jika memungkinkan nongkrong seminggu sekali deh. 

Dipraktikkan dulu selama sebulan, Insha Allah hasilnya akan nampak kok misal dengan uang yang bisa disisihkan semenjak jarang nongkrong atau mata panda bisa hilang akibat sudah jarang begadang akibat main game online.
  • Jangan lupa untuk makan teratur setidaknya 2 kali dalam sehari
Ingat, walaupun kita sering makan namun tidak memenuhi standar gizi yang dibutuhkan maka rasanya juga tidak ada gunanya. Yang ada malah penumpukan lemak yang mengakibatkan kolesterol naik.

Makanlah setidaknya 2 kali dalam sehari. Tak perlu makan mewah asalkan sudah sesuai dengan pemenuhan gizi maka kesehatan kita sebagai karyawan yang harus bekerja selama 8 jam sehari bisa tercukupi.
  • Tidur yang cukup setiap hari
Idealnya kita tidur selama 8 jam sehari. Namun sebagai orang dewasa yang tak jarang harus menyelesaikan pekerjaan di kantor dan belum lagi harus bermacet ria di jalan maka bisa jadi sampai rumah ketika malam sudah larut.

Tak apalah jika memang kondisi di lapangan menuntut seperti itu. Hanya saja ketika sudah sampai di rumah, fokuskan untuk beristirahat. Kalau bisa jauhkan smartphone dalam jangkauan dan mulainya untuk tidur meski hanya bisa 6 jam saja.
  • Olah Raga
Sisihkan waktu kita yang berstatus karyawan ini untuk berolahraga barang 30 menit saja. Tak perlu lama-lama asalkan badan bergerak dan mengeluarkan keringat.

Jangan beralasan karena pekerjaan yang sudah menumpuk sehingga tidak ada waktu berolah raga. Dengan olah raga maka setidaknya akan membuat badan tetap prima dan kesehatan terjaga.

Nongkrong bersama teman saja kita sanggup untuk melakukannya. Mengapa meluangkan waktu sebentar saja untuk berolahraga tidak sempat?
  • Jangan kebanyakan alasan
Point utama dari semua ini adalah : Jangan kebanyakan alasan! Hidup sehat kalau bukan dari sekarang kapan lagi kita memulainya.

Jangan tunggu sampai badan sakit-sakitan lalu baru berniat hidup sehat. Ingat bahwa ketika sudah sakit maka kita akan ketergantungan beberapa macam obat demi meredakan rasa sakit. Tentu akibatnya jika mengonsumsi obat terlalu banyak kurang baik untuk kesehatan ginjal kita.

Kesimpulan


Menjaga kesehatan menjadi kewajiban setiap orang baik tua, muda maupun anak-anak. Sebagai seseorang yang berstatus karyawan di sebuah perusahaan atau institusi, seberapapun sibuknya kalian tapi ingat harus tetap menjaga kesehatan yah. 

Kesehatan itu mahal harganya karena kalau sudah terserang sakit maka diharuskan periksa ke dokter, membeli obat dan tidak jarang banyak yang dilarikan ke rumah sakit untuk rawat inap. Jadi mahal kan nilai sehat itu sendiri.

Jika kalian ingin membaca artikel parenting, yuk kepoin blognya Blogger Medan yaitu kak Icha. Di sana kalian bisa kulik abis artikel seputar parenting loh.
Mariatanjungmenulis
Mariatanjungmenulis Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi saya via email mariatanjung81@gmail.com atau direct message via Instagram @mariatanjungmenulis

35 komentar untuk "Tips Sehat Untuk Karyawan"

  1. Jangan kebanyakan alasan. Wkwk. Bener, mbak. Banyak alasan bikin nunda2 mau berubah ke arah yang lebih baik. Nanti sudah sakit, merasa menyesal. Memang perubahan itu datangnya harus dari naluri diri sendiri, sih. Nggak bisa mengandalkan orang lain untuk bikin diri sendiri berubah ya, Mba..

    BalasHapus
  2. Setuju. Sama sama mau menambahkan satu lagi, management stress. Ini penting banget buat saya. Karena pikiran bisa memengaruhi kondisi tubuh. Apalagi untuk penderita asam lambung kayak saya yang juga dituntut kerja siap siaga (karena masih WFH). Makanya butuh banget stress releaser. Hehehe

    BalasHapus
  3. Duh tertohok nih masi sering ngelakuin kebiasaan ga sehat. Apalagi yang poin jangan kebanyakan alasan hihi

    Btw salam kenal ya mba ;)

    BalasHapus
  4. Jangan kebanyakan alasan wkwkwk itu bener bangett sik
    mayoritas dari kita udah paham tips hidup sehat tapiii MUALES buat menerapkan.
    karena ya itu tadi, kakehan alesan wkwkwkkw

    BalasHapus
  5. Dari semua kebiasaan buruk di atas, saya kena di 2 nomer terakhir. Sebenarnya pengin memulai olahraga tapi ya gitu, udah keduluan rasa malas. Pengin deh bisa memotivasi diri sendiri agar rajin berolahraga.

    BalasHapus
  6. Thanks remaindernya sista, huhuhu aku nih yang suka bergadang. Awalnya karena nemani laki nonton bola eh kog jadi kebiasaan kalau belum jam 1 belum tidur

    BalasHapus
  7. hahaha setuju sama penutupnya : JANGAN KEBANYAKAN ALASAN

    menurutku yah kalau nggak ada keinginan untuk resign dari kantor dan mempunyai bisnis sehingga akan stay terus kerja dikantor mungkin sampai waktu pensiun PENTING untuk menjaga kesehatan karena kita bekerja dikantor mudah terganti oleh yang muda-muda jadi walau sudah berumur namun tetap fit kita akan selalu bisa diandalkan dikantor

    BalasHapus
  8. Saran kesehatan yang sangat baik. Toh juga yang paling merasakan manfaatnya ya diri kita sendiri ya.
    Semoga dua teman mbak tersebut bisa merubah pola makannya dan jarang sakit. Jadi, jarang juga minta ijin dari jam kerja kantor. Aamiin

    BalasHapus
  9. Aduh jadi inget usah lama ga olahraga nih. Padahal mantrngin laptop mulu jelas ga bagus yaa.

    Tapi dr cerita jono dan joni itu emang laki-laki semua yaa. Kalau perempuan biasanya lebih disiplin kali yaa..

    BalasHapus
  10. Ya Allah aku kena semua. 🙄

    BalasHapus
  11. Minum kopi sama begadang ini nih yang masih harus aku hindari. Soalnya masih 'butuh' kafein banget buat halau kantuk. Sementara kerjaan yang ada menuntut untuk jadi kalong, huhuhu. Semestinya aku mulai mengurangi sedikit demi sedikit ya.

    BalasHapus
  12. wah pecinta kopi bisa protes ini mas ha ha, kalau serba terlalu sih emang ga elok ya.. tapi kalo segelas sehari atau 2 gelas sih bantu mood kerja banget mah si kopi... apalagi pekerja literasi kafeein sama dengan inspirasi loh hi hi

    BalasHapus
  13. benar ini, karyawan mesti peduli dengan kesehatan. Apalagi seperti suamiku yang 8-4 di belakang meja...kadang bisa tuh lupa minum air putih, posisi duuk terus..belum perjalanan rumah-kantor yang gitu deh di Jakarta. Kalau ga waspada dengan kesehatannya datang penyakit jadinya

    BalasHapus
  14. Betul bnaget mbak kesehatan itu mahal harganya untuk itu harus terus diupayakan menjaga kesehatan apapun caranya salah satunya ya jangan lupa minum air putih ya spya tdk dehidrasi

    BalasHapus
  15. Jangan kebanyakan alasan. Yup! Benar. Bagaimanapun sehat adalah kita yang atur. So para karyawan... perhatikan tips ini.

    BalasHapus
  16. Kesehatan tuh penting dijaga sedini mungkin, dan untuk menjaganya mesti orang tsb yg berkomitmen utk menjaga kesehatannya

    BalasHapus
  17. Banyak poin yang related bagi saya yang sebelumnya pernah kerja kantoran. Kopi dan mie instan adalah sahabat begadang. Apalagi kata olahraga. Apaan tuh? terdengar asing bagi karyawan kantoran yang sering lembur. Haha. Terima kasih tipsnya, bisa saya bagikan untuk rekan pegawai kantoran yang masih males gerak olahraga.

    BalasHapus
  18. Setuju banget nih, semua berawal dari kesadaran diri sendiri dan kesadaran muncul dari tujuan hidup. Perlunya kesadaran untuk menemukan tujuan hidup agar kita bisa mengatur diri sendiri dulu dengan baik terutama yang berkenaan dengan masalah kesehatan, mungkin teman kantor mbak belum menemukan tujuan hidup jadi akhirnya mereka mengabaikan kesehatan yang jangka panjang akan merugikan diri sendiri

    BalasHapus
  19. Iyanih mba aku yg termasuk kebanyakan alasan 😢😢
    Jadi sakit nihh kesindir wkwk. Thanks remindernya mba

    BalasHapus
  20. Yg gak bisa saya hindari adalah begadang... Alasan sih, cuma entahlah saya tdr jam 1-2 pagi. Ngerjakan tugas2, termasuk tgs kantor ... Haduh 😀

    BalasHapus
  21. Jangan kebanyakan alasan. Wkwkwk. Kalo saya contohkan ke saya yg udah umur 34, waktu terbaik untuk saya mandiri menerapkan gaya hidup sehat itu mungkin sekitar 17 tahun lalu ya, pas mulai kuliah dan gaya hidup mulai gak beraturan. Nah, waktu terbaik kedua untuk memperbaiki gaya hidup itu ya SEKARANG.

    BalasHapus
  22. hihihi... saya nih pernah kecanduan game. Jaman kuliah dan tinggal di kost, usai mengerjakan tugas, jam 9 malam belum ngantuk. Main game deh, saking asyiknya nggak kerasa udah jam 2 dini hari. Mau tidur tanggung, ya udah babalas aja sampai subuh.

    BalasHapus
  23. Begadang dan kualitas tidur yang kurang baik jadi hal buruk bagi kesehatan. Kadang tuntutan ini itu malah jadi beban tersendiri dan berimbas pada kesehatan.

    BalasHapus
  24. Tidur cukup nih penting banget ya mbak Maria..tapi dasarnya aku tuh susah tidur heheh jadi klo ga ngantuk belm mau tidur ada aja yang dikerjain tapi ternyata ga baik juga ya ,..noted deh..

    BalasHapus
  25. Suamiku sering begini. Alasannya karena sibuk ngerjain ini itu. Dealine belum selesailah, permintaan data masih banyak lah. Jadi seringkali makan gak teratur dan lupa makan. akhirnya aku omelin, dan kasih batas waktu bergadang. Gak boleh lebih dari jam 12 malam.

    BalasHapus
  26. waktu masih jadi budak korporat, tidur 8jam sehari ini kayak anugerah mwkkw. Hasilnya selama 5 tahun, dua kali diopname karena tipes. Emang kudu istirahat cukup mah intinya

    BalasHapus
  27. Waduh berasa kena tampar aku baca artikelnya sih Jono tinggal satu ini ya yang punya kebiasaan minum kopi dan hidup tidak sehat sehingga berdampak pada kesehatan aku pun juga suka sih untuk bergadang dan sesekali minum kopi serta makan tidak teratur wah harus mulai diubah nih gaya hidup biar bisa hidup sehat

    BalasHapus
  28. management waktu penting antara urusan diri sendiri sama kerjaan
    kadang aku sering tidur dini hari, tapi kalau udah beberapa hari terusan tidur dini hari, besoknya aku sadar diri, tidur lebih awal
    atau kalau biasanya BW malam malam, dan kalau kelelahan atau capek ya aku tinggal tidur aja

    BalasHapus
  29. Setuju bnaget nih Kak poin yang jangan banyak alasan. Itu biasanya yang membuat jurang antara keinginan kita untuk hidup sehat dengan pola kebiasaan hidup yang harus diganti.

    Saya juga masih berjuang supaya just do it aja, dan mentiadakan makanan yang tidak baik buat saya sehingga tidak ada alasan untuk makan.

    BalasHapus
  30. Sebagai karyawan dengan jam kerja yang padat banget bahkan sampai kadang dibawa pulang itu kerjaan sesekali emang penting banget baca tips sehat karyawan nih yaa. Biar tetep sehat dan waras yang pasti, hehehe

    BalasHapus
  31. Aduuhhh.. Malu.. Aku paling banyak alasan nih mbak 😷 Dari makan g beraturan, jam tidur berantakan, tambah olahraga absen. Kalau dah sakit bru deh bilang, ntr kl dh sembuh harus gini gitu 😅🤭

    BalasHapus
  32. Tipsnya bener-bener jadi pengingat banget buatku kak. Soalnya, aku masih harus belajar biar ngga sering begadang dan pengen banget mulai rutin olahraga

    BalasHapus
  33. pernah aku kalau pekerjaanku numpuk, terus deadline laporan aku bisa loh lupa makan sampai sore, kalau ga merasakan pusing pasti aku ga makan, atau biasanya rekanku tanya mau dibeliin apa, tapi tetap ga tersentuh makanannya, Sekarang udah dibiasakan makan teraturm karena pernah merasakan panas dingin mau pingsan karena belum makan.

    BalasHapus
  34. Dulu pas masih kerja jam tidur teratur. Tapi sekarang di rumah aja malah bikin pola istirahat kacau. Kerjaan gak sudah-sudah kalau gak disudahin sendiri. Ada beban pikiran sedikit, ngantuk dan lapar hilang. Semoga bisa kaya dulu pas masih jadi karyawan, tidur cepat dan berkualitas.

    BalasHapus
  35. Sebelum pandemi, kebiasaan buruk di atas kebanyakan dilakukan suamiku kak. Ngopi, bareng temen, sampe pagi. Hhh.. kadang sebel sih. Tapi semenjak pandemi udah mulai berkurang.

    BalasHapus