Memilih Suplemen yang Praktis dan Aman Dikonsumsi

 
Memilih Suplemen yang Praktis dan Aman


Memilih Suplemen yang Praktis dan Aman Dikonsumsi - Sejak semakin maraknya kasus pandemi COVID-19 semakin banyak pula anjuran mengkonsumsi vitamin san suplemen. Meskipun diyakini jika suplemen atau vitamin yang mengandung zat besi yang dapat mencegah penularan terhadap virus akan tetapi masyarakat tetap dihimbau harus bijak menggunakan sekaligus memilih suplemen yang akan dikonsumsi.Penguatan sistem imun tubuh itu penting.

Salah satunya dengan mengonsumsi suplemen yang memiliki khasiat tersebut. Pilih suplemen yang sudah teruji secara klinis dan aman dikonsumsi, pastikan sudah mendapat izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Selain itu, pilihlah suplemen yang praktis digunakan sehingga mudah dikonsumsi sehari-hari, seperti Rhea Health Tone. Setiap paket Rhea Health Tone dilengkapi dengan pipet steril sehingga lebih praktis untuk dikonsumsi.

Hal yang Diperhatikan sebelum Memilih Suplemen

Pada penggunaan suplemen ini mengarah untuk membantu memulihkan tubuh dar penyakit yang sedang diderita . Pada situasi pandemi khasiat suplemen yang telah ber BPOM hanya sebatas untuk membantu menjaga daya tahan tubuh. Untuk memilih suplemen kesehatan yang aman dikonsumsi, Anda bisa memperhatikan hal-hal berikut ini:
  1. Pengemasan, pastikan kemasan produk dalam kondisi baik. Tidak ada lubang, sobek, karat, penyok, atau bocor. 
  2. Perhatikan label Baca informasi produk yang tertera pada label kemasan dengan cermat. 
  3. Pastikan produk mempunyai izin edar dari BPOM. Izin edar dapat dicek melalui aplikasi android CEK BPOM atau subsitus http://cekbpom.pom.go.id/
  4. Expired, pastikan produk tidak melebihi tanggal expired dan tidak berubah warna atau bau.

Tips Memilih Suplemen yang Aman Dikonsumsi

Banyaknya informasi yang beredar di dunia maya tentang rekomendasi obat dan vitamin yang harus dikonsumsi selama masa pandemi, seringkali mendorong masyarakat untuk menggunakan suplemen tanpa mengetahui efek samping atau kandungan dalam obat tersebut.Hal ini bisa berakibat fatal jika tidak diimbangi dengan pendidikan yang tepat. Oleh karena itu, kami akan membagikan beberapa tips memilih suplemen yang aman dikonsumsi:

Sesuaikan dengan Usia dan Jenis Kelamin

Rekomendasi mengkonsumsi suplemen ataupun vitamin berbeda-beda tergantung dengan usia pengkonsumsinya bahkan jenis kelamin pun berpengaruh. Perhatikan baik-baik rekomendasi konsumsi yang tertera pada kemasan vitamin.

Biasanya ada rekomendasi konsumsi yang berbeda untuk anak di bawah 12 tahun dan dewasa.Selain itu, perbedaan usia dan jenis kelamin memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda pula. Jadi, pastikan untuk selalu membaca rekomendasi penggunaan yang tertera pada obat atau paket vitamin Anda.

Konsultasikan dengan Dokter atau Apoteker

Ketika anda memiliki penyakit yang merupakan penyakit bawaan, anda harus berkonsultasi terlebih dahulu untuk mengetahui mengenai komposisi vitamin atau suplemen yang akan digunakan untuk mengetahui aman tidaknya jika dikonsumsi.Untuk mencegah meminum suplemen atau vitamin secara bersamaan dengan bahan yang dapat menimbulkan reaksi yang dapat berakibat fatal.

Sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter yang menangani pengobatan penyakit bawaan jika ingin menyesuaikan dengan rekam medis yang ada. Jika tidak, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter umum, spesialis, atau apoteker.

Pastikan Memiliki Surat Izin Edar

Saat ini sudah banyak vitamin dan obat-obatan yang beredar bebas dan bisa dibeli oleh siapa saja. Sebelum membeli obat dan vitamin, ada baiknya untuk memastikan terlebih dahulu tentang izin edar yang dikeluarkan oleh pemerintah, biasanya berupa sertifikasi dari Badan Pengawas Obat dan Minuman (BPOM).

Perhatikan Dosis Kandungan Vitamin

Banyak orang mengonsumsi multivitamin dengan tujuan seupaya kebutuhan nutrisi tubuhnya selalu terpenuhi. Tak hanya mengenai nutrisi, multivitamin sangat untuk meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus mencegah berbagai penyakit.

Namun, jika tidak diperhatikan dengan baik bisa menjadi bumerang bagi tubuh. Setiap vitamin yang masuk ke dalam tubuh memiliki batas dosis maksimal per hari. Sebagai contoh, dosis 1000 mg vitamin C, sedangkan tubuh hanya membutuhkan 75-90 mg setiap hari, maka sisanya akan dikeluarkan melalui urin. Maka dari itu harus diperhatikan penggunaan dosis.

Hal Lain yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Suplemen Vitamin

Padahal, jika Anda tidak mengalami kekurangan gizi apapun, suplemen vitamin tidak terlalu dibutuhkan oleh tubuh. Anda bisa mendapatkan vitamin dan mineral dari berbagai makanan yang Anda makan.Namun, jika beberapa kondisi memaksa Anda untuk mengonsumsi suplemen vitamin, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan selain memilih bentuk suplemen.

  • Tentukan nutrisi apa yang Anda butuhkan. Ada banyak suplemen yang mengandung vitamin dan mineral yang berbeda. Beberapa di antaranya bahkan mengandung lebih dari sekadar nutrisi, oleh karena itu disebut multivitamin. Jika Anda tidak tahu nutrisi atau vitamin apa yang Anda butuhkan, Anda bisa bertanya pada ahli gizi yang merawat Anda.
  • Pilih suplemen dengan jumlah konten yang tepat. Hindari membeli suplemen yang mengandung 100% dari jumlah nutrisi harian. Misalnya, kebutuhan vitamin A harian untuk orang dewasa adalah 600 mcg, jadi hindari suplemen yang juga mengandung 600 mcg vitamin A. Hal ini akan meningkatkan risiko keracunan.

Suplemen yang Praktis dan Aman Dikonsumsi

RHEA HEALTH TONE adalah suplemen praktis dan aman untuk dikonsumsi yang mengandung Gardenia jasminoides oleum, Commiphora myrrha oleum, Boswellia serrata oleum, Daucus carota oleum, Foeniculum vulgarae oleum, dan Olea europaea oleum (Olive oil) yang berkhasiat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sistem sebagai antioksidan.

Salah satu upaya untuk menjaga kesehatan tubuh. Rhea Health Tone juga telah mendapatkan izin dari BPOM sebagai imunomodulator serta sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia. Rhea Health Tone bisa kamu dapatkan di akun Instagram @aquilaria.malaccensis.Demikian ulasan tentangrhea health tone, semoga bermanfaat.

 


Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi saya via email mariatanjung81@gmail.com atau direct message via Instagram @mariatanjungmenulis

19 komentar untuk "Memilih Suplemen yang Praktis dan Aman Dikonsumsi"

  1. Sejak pandemi, penjualan obat jenis supplemen meningkat drastis. Banyak merk baru beredar. Harus jeli pilih supplemen. Makasih kak, tips-tips nya mantap...

    BalasHapus
  2. kita gak boleh sembarangan mengkonsumsi suplemen yaa, harus dipastikan benar-benar aman dan memiliki izin edar

    BalasHapus
  3. Iya sejak pandemi kemarin emang marak banget ya iklan dan peredaran berbagai suplemen dan juga vitamin. Banyak yang meyakini dengan meminum suplemen itu tubuh jadi lebih kuat sehingga aman dari serangan virus covid. Padahal belum tentu juga ya, konsumsi vitamin dan suplemen pun tak boleh asal minum saja. Tetap ada aturan dan panduannya sesuai yang tertulis dalam artikel ini

    BalasHapus
  4. Yang penting sudah ada sertifikasi halal yah, plus bikin sehat juga nih. Jdi penasaran sama Rhea Health Tone ini.

    BalasHapus
  5. Memilih suplemen memang dibutuhkan ketepatan dan kesesuaian dari praktisi kesehatan (tenaga kesehatan) atau pun kandungan sesuai BPOM

    BalasHapus
  6. Baru tahu lho aku kebutuhan vitc pada tubuh kita. Nah aku tuh klo nyari vitamin suka susah krn ada maag. Jd hrs hati2 sekali.

    BalasHapus
  7. Hai kakak aku Dennise. Memang dalam pemilihan suplement harus diperhatikan hal-hal seperti yang disebutkan diatas. Aku setiap kali membeli suplement yang pasti dan tidak bisa ditawar walaupun harganya murah dan diskon harus ada izin BPOM karena ini memastikan keamanan kita

    BalasHapus
  8. Saya nih, sejak dulu sering konsumsi Vitamin C dosis tinggi, lalu setelah baca-baca, sebenarnya itu malah bikin ginjal bahaya ya.
    Karena kelebihan vitamin yang nggak diserap tubuh, ya ditampung ginjal, kalau sehat mah oke-oke aja, kalau ginjalnya udah bermasalah.

    Memang penting banget nih kita harus tahu bagaimana memilih vitamin yang praktis dan aman, dan paling bener sih konsultasi ke dokter :)

    BalasHapus
  9. Emang banget banget nih bahkan sebelum pandemi ketika busui ternyata makanan bergizi saja tidak cukup memang butuh tambahan suplemen, apalagi kalo ada suplemen yang aman seperti ini

    BalasHapus
  10. Sama, lho. Saya juga memperhatikan semua yang di atas sebelum memutuskan untuk membeli suplemen. Ga berani beli sembarangan. Biasanya baca-baca dulu dan cari rekomendasi. Tanya warganet juga. Yah agar tepat beli dan hanya beli suplemen yang praktis dan aman.

    BalasHapus
  11. Tenang ya mba kalau suplemen udah ada BPOMnya dan sudah label halalnya juga. Aku baru tahu nih suplemen RHEA HEALTH TONE ini. Apa boleh untuk anak usia 1 tahun nggak mba? Biar bisa jadi vitamin keluarga gitu

    BalasHapus
  12. Untuk supplement memang minimal aku pun konsultasi dg apoteker kalau ga dapat dr dokter, tapi ga semua apotik punya apoteker yang ba memberikan saran2 tersebut lho

    BalasHapus
  13. setuju banget Mbak Maria

    apalagi pandemi belum berakhir, malah muncul varian baru yang leebih nyeremin

    harus mengonsumsi RHEA HEALTH TONE agar imunitas meningkat dan gak mudah sakit

    BalasHapus
  14. Kalau sudah terdaftar di BPOM dan Apalagi mendapatkan sertifikat halal MUI pastinya kita menggunakannya juga merasa tenang dan aman ya...

    BalasHapus
  15. Bagian dosis ini memang penting buat disimak, karena kitanya mungkin gak tahu berapa kadar yang diperlukan tapi malah konsumsi yang melebihi dosis, wah bisa gak bagus ya buat tubuh

    BalasHapus
  16. Sebagai konsumen saat memilih produk termasuk suplemen liat BPOM dan halal MUInya dulu, senangnya Rhea Health Tone sudah punya keduanya ya mbak.

    BalasHapus
  17. kini semakin banyak suplemen yang beredar di pasaran, dan pembeli pun harus jeli memilih yang aman dan sesuai kebutuhan, terima kasih tipsnya membantu sekali..

    BalasHapus
  18. Edukasi tentang bagaimana memilih suplemen/vitamin yang tepat bagi tubuh memang harus banget dimiliki oleh setiap orang ya, Mba, agar tidak salah pilih, dan agar pilihannya tepat guna dan tepat sasaran. Apalagi di masa pandemi ini, keinginan orang utk mengkonsumsi vitamin/suplemen semakin meningkat, rasanya apa pun yang diiklankan mau dibeli, haha.

    BalasHapus
  19. saya dulu termasuk yang parno minum obat karena takut fungsi ginjalnya rusak klo minum obat terus, tapi masa-masa pandemi kalo gak doping juga bahaya, jadinya saya dopiing buah, sayur dan juga vitamin/suplemen asal gak berlebihan dan tetep minum air putih yang banyak

    BalasHapus