Manfaat Berdoa Bagi Manusia

 
Manfaat Berdoa
Sumber Gambar: Pexels

Saat ini saya berusaha mencari tahu segala sesuatu yang berhubungan dengan tentang spiritualitas. Hal ini dikarenakan usia yang semakin tak muda lagi serta banyak peristiwa yang telah saya alami. Perjalanan hidup manusia seringkali melewati berbagai peristiwa yang penuh suka dan duka, sehingga kita harus lebih mendekatkan diri dengan Tuhan untuk menenangkan diri agar tidak mengalami tekanan hidup.

Salah satu kegiatan yang seharusnya dilakukan oleh manusia, terlepas dari agama apapun yang mereka anut adalah berdoa. Berdoa merupakan suatu kegiatan yang dilakukan manusia untuk mendekatkan diri kepada Tuhan, serta memohon agar Tuhan berkenan membantu manusia untuk menemukan solusi atas permasalahan yang ada.

Namun, berdoa pun tak sekadar asal-asalan hanya demi menggugurkan kewajiban semata. Dulu ketika masih berusia muda, saya melakukan ibadah dan berdoa terkesan hanya sekadar menggugurkan kewajiban sebagai umat Muslim saja. Tentu saja hal ini tidak boleh dilakukan karena kita akan terjebak ke dalam kesombongan. 

Menurut situs SehatQ.com, spiritualitas merupakan kepercayaan pada sesuatu yang berada di luar diri, misalnya tradisi dan agama. Belajar spiritualitas seolah tidak pernah ada habisnya akan tema yang dibahas. Selalu ada saja tema yang menarik untuk diperbincangkan. Salah satu aspek spiritualitas yang saat ini sedang saya dalami adalah bagaimana caranya agar bisa berdoa dengan khusyuk kepada Allah SWT.

Kalau dulu saya berdoa bisa dibilang jika ada cobaan atau ujian dalam hidup ini. Setelah banyak mendengarkan ceramah dari para ustad yang memang mumpuni di bidangnya, saya menyadari bahwa apa yang saya lakukan ini kurang tepat. Jangan datang kepada pencipta di saat sedang sulit saja, namun datanglah pada-Nya di saat lapang maupun saat susah.

Seiring berjalannya waktu, saya berusaha untuk berdoa dan di dalam doa itu saya banyak mengucap syukur atas segala nikmat dan karunia yang Allah SWT berikan untuk saya. Bahkan di saat ujian hidup menghampiri pun, saya berusaha berpikiran positif bahwa mungkin ujian ini diberikan Allah SWT sebagai tanda bukti kalau Allah sangat mencintai saya.

Karena kesibukan manusia, seringkali rutinitas berdoa sering dilewatkan oleh manusia. Apabila masih ada manusia yang berdoa dengan khusyuk, maka saya sangat kagum dan salut, karena kesibukan tak membuat manusia lupa akan makna dari doa itu sendiri.

Arti Doa dan Manfaatnya Bagi Manusia


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, doa merupakan permohonan yang berisikan harapan, permintaan dan pujian kepada Tuhan. Tentu saja doa merupakan sesuatu hal yang baik selama permohonan manusia kepada Tuhan berisikan hal-hal yang baik untuk kemaslahatan dirinya maupun orang lain.

Sejatinya, berdoa memiliki manfaat yang cukup besar bagi manusia, sebut saja:

1. Memberi ketenangan bagi hati manusia

Yang namanya hidup pasti bak roller coaster pastinya. Ada sedih, ada bahagia yang tak bisa kita prediksi kapan datangnya. Inginnya sih kita sebagai manusia bahagia terus selama hidup ini. Namun tentu saja ada kalanya kita berada di titik terendah sebagai manusia, diterpa banyak masalah dan kepada siapa lagi kita mengadu kalau bukan kepada Allah SWT.

Dengan memohon kepada Sang Pencipta agar diberi jalan keluar atas permasalahan yang dihadapi maka tentunya akan mendapat ketenangan secara batin. Hanya kepada Tuhan semua sesak di dada akibat permasalahan hidup akan mendapat ketenangan, asal kita mau bersungguh-sungguh mengaduh dan bukan hanya lips service semata.

2. Sebagai sarana curhat kepada Sang Pencipta

Curhat kepada manusia, semisal kepada teman, saudara atau orangtua itu sudah biasa. Namun curhat kepada manusia seringkali disalah gunakan. Banyak manusia yang tidak dapat dipercaya manakala kita menjadikan mereka sebagai tempat curhat.

Tapi percayalah, jika Tuhan Sang Pencipta tidak akan pernah mengkhianati hamba-nya ketika mereka datang untuk curhat di dalam doa. Mungkin jawaban yang Tuhan berikan tidak datang serta merta dan seketika, namun percayalah dengan curhat kepada Tuhan, kita akan merasa lebih lega dan yakin tidak akan pernah dikhianati.

3. Sebagai sarana mendekatkan diri kepada Sang Pencipta

Tidak ada batasan waktu berdoa bagi setiap individu. Namun karena saya seorang Muslim, maka saya selalu berdoa setelah menunaikan sholat lima waktu. Namun ketika hujan, atau ketika hendak tidur pun saya juga tak lupa memanjatkan doa kepada Allah SWT, memohon ampunan atas segala kesalahan selama hidup ini.

Entah mengapa jiwa saya tertaut manakala memanjatkan doa kepada Allah SWT. Ada rasa yang berbeda dibanding sebelum berdoa. Rasa pasrah dalam hidup ini lebih mendalam setelah memanjatkan doa kepada Allh SWT.

Demikian manfaat berdoa bagi manusia. Semoga bermanfaat.
Blogger Surabaya
Blogger Surabaya Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi via email mariatanjung7@gmail.com

Posting Komentar untuk "Manfaat Berdoa Bagi Manusia"