Menjadi Blogger : Cita-Cita yang Tak Pernah Terencana

 
Usia yang tak muda lagi tidak menghentikan langkahku menjadi blogger


Siapa yang bakal menyangka di usiaku hampir kepala empat ini akan nyemplung menjadi blogger. Mungkin inilah cita-cita yang tak pernah terencana. Baru tahun 2020 awal aku memantapkan niat menjadi seorang blogger. Lagi-lagi aku selalu bercerita di setiap kesempatan bahwa menjadi blogger merupakan bekal untuk memasuki masa pensiun. Lho, kok bisa?

Sebelum aku bercerita lebih lanjut maka ingin kusampaikan bahwa ketika menjadi blogger maka harus punya niat dan tekad besar juga untuk rajin membaca buku agar pemahaman literasi kita juga bertambah agar ketika menorehkan kalimat demi kalimat di blog tidak hanya sekadar asal menulis. Walau aku menyadari bahwa kemampuan menulisku masih terbatas namun berusaha untuk mendapatkan wawasan dengan cara membaca semua buku yang memperkaya diksi.

Semua Orang Bisa Menjadi Blogger Tak Terkecuali Diriku

Tidak ada yang salah ketika sebagian orang ingin menjadi blogger. Sebuah profesi yang menurut saya juga banyak tantangan dan belajarnya setiap hari. Karena menjadi blogger tidak semudah yang diperkirakan orang termasuk diriku dulu ketika baru terjun ke dunia ini.

Aku kira dulu menjadi blogger hanya tentang menulis dan menulis. Tidak perlu ada namanya Google Analytic, tak peduli dengan Google Search Console maupun selalu memantau Page View setiap artikel yang ditulis. 

Namun seiring pengetahuanku yang bertambah berkat masuk ke beberapa komunitas blogger di grup Whatsapp dan mengikuti pelatihan gratis ngeblog, makin sadarlah bahwa banyak sekali kesalahan yang selama ini aku lakukan ketika menulis di platform ini.

Baiklah, manusia tempatnya salah apalagi belum belajar dengan maksimal ketika nyemplung sebagai blogger baru. Aku tak menyerah dan berhenti sampai disini. Tahun 2020 tepatnya bulan September sampai sekarang banyak perubahan yang kurasakan ketika menulis di blog. Perubahan tersebut adalah :
  1. Sedikit demi sedikit mulai mengetahui bagaimana susunan blog yang sesuai kaidah SEO
  2. Menulis artikel juga sudah mulai aku sesuaikan dengan kaidah Search Engine Optimization (SEO)
  3. Mulai berlatih untuk mengikuti lomba blog agar banyak artikel di blog
  4. Mulai melahirkan 3 blog baru yang nama urlnya tidak panjang seperti blog pertama.
Sedangkan beberapa hal yang harus aku tingkatkan dalam dunia blogging saat ini adalah:
  1. Berusaha agar dapat menulis lebih dari 500 kata. Hal ini masih sulit sekali aku lakukan. 
  2. Memperbanyak bacaan agar kualitas menulisku semakin berkembang dan kaya akan diksi sehingga tidak monoton.
  3. Memperbanyak relasi agar lebih banyak lagi tawaran job yang datang dari menulis di blog.
Tahun 2021 merupakan tahun kedua aku fokus menulis di blog dan tidak akan aku sia-siakan kesempatan belajar ini. Investasi di hari tu yang mungkin tidak pernah terpikirkan olehku sebelumnya.

Jadi untuk kalian yang mungkin masih bingung akan berinvestasi apa di hari tua sementara dari segi finansial masih belum cukup, maka saranku adalah carilah kegiatan yang sesuai passion kalian.

Tidak perlu mahal mencari kegiatan yang sesuai passion. Asal terus berlatih dan jadikan skill untuk masa depan maka Insha Allah akan ada peluang untuk berinvestasi. Investasi tidak melulu berkaitan dengan uang dan kepemilikan harta kan?


Mariatanjungmenulis
Mariatanjungmenulis Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi saya via email mariatanjung81@gmail.com atau direct message via Instagram @mariatanjungmenulis

Posting Komentar untuk "Menjadi Blogger : Cita-Cita yang Tak Pernah Terencana"