5 Pekerjaan Rumah Tangga yang Harus Rutin Dikerjakan

Pekerjaan rumah tangga



Pekerjaan rumah tangga apa yang senang dan juga tidak senang kalian lakukan? Ada yg bilang setrika baju itu tidak menyenangkan karena panas. Namun ada juga yang bilang mencucu baju itu membosankan. 

Entahlah, kalau saya sendiri tak bisa memilih mau mengerjakan pekerjaan rumag tangga yang mana sebab kalau tidak dikerjakan bisa-bisa kami di rumah tak dapat beraktivitas normal.

Pekerjaan Rumah Tangga yang Wajib Dikerjakan

Menurut saya pribadi, ada beberapa pekerjaan rumah tangga yang harus rutin dikerjakan antara lain :
  • Mencuci Pakaian
Setiap hari tentu kita memakai pakaian yang berbeda-beda. Tidak mungkin donk pakai baju yang itu-itu saja karena jika tidak dicuci tentu baju akan mengeluarkan bau tak sedap dan tentu saja kotor.

Jika kita mencuci pakaian seminggu atau dua minggu sekali tentu stok pakaian bersih akan berkurang. Yang ada kita akan kebingungan nih mau pakai baju yang mana untuk keesokan harinya.

Mau tidak mau kita dituntut untuk mencuci baju minimal 3 hari sekali sih ya. Sebenarnya jika ingin menggunakan jasa laundry sih sah-sah saja namun tentu harus menyediakan anggaran lebih kan untuk itu.
  • Setrika Pakaian
Setelah pakaian dicuci otomatis harus disetrika donk ya agar nampak halus dan licin. Biasanya trik seseorang berbeda-beda ketika harus menyetrika pakaian.

Ada yang menyetrika pakaiannya jika ingin dipakai saja namun ada juga yang selalu menyetrika semua pakaian yang sudah dicuci dengan harapan menjadi lebih ringkas dan praktis, tidak perlu stress melihat tumpukan baju yang harus disetrika.

Semua orang punya caranya masing-masing sih ya. Kalau saya tim apa aja oke alias bisa kedua cara tersebut. Ketika badan lagi fit mau setrika dua keranjang penuh juga ayo aja. Tapi kalau penyakit malas sudah muncul dan tak mau pergi ya terpaksa baju yang hendak disetrika harus sabar menunggu juragannya mood kembali ya.
Paling ga bisa lihat kamar mandi kotor dan bak mandi sudah mulai menunjukkan gejala harus dikuras isinya dan dibersihkan dinding-dinding baknya. Biasanya seminggu sekali saya kuras bak di kamar mandi. 

Kalau sikat lantai kamar mandi dan dinding-dinding biasanya saya lakukan dua hari sekali atau ketika sudah melihat kotor. Begitu juga dengan WC yang perlu setidaknya setiap hari (jika rajin) untuk disikat dalamnya. 

Semakin banyak orang di dalam suatu rumah maka akan semakin cepat kamar mandi kotor.
Menunggu siapa yang berinisiatif duluan membersihkan kamar mandi rasanya susah deh ya. Jadi ya mending saya inisiatif bersihkan duluan, toh hasilnya juga saya yang menikmati.
  • Mencuci Piring
Kalau sehabis makan tentu ada saja piring kotor yang harus dicuci. Nah saya pribadi tidak suka melihat piring kotor menumpuk di cucian piring. Karena air di rumah itu baru bisa mengalir setelah pompa listrik dinyalakan akhirnya kami membatasi penggunaan air keran. 

Namun kalau sudah banyak orang di rumah seperti kedatangan kakak dari luar kota, ya harus sering-sering mencuci piring. Kalau tidak begitu piring bisa habis dan mau makan pakai apa.
  • Menyapu dan Mengepel Lantai Rumah
Coba kalian dua hari saja tidak menyapu dan mengepel lantai maka apa yang dirasakan? Tentu lantai akan sangat tebal oleh debu dan telapak kaki bisa jadi berwarna hitam. Maka dari itu perlunya menyapu dan mengepel lantai untuk membuat kaki bersih dan tidak perlu memakai sandal di dalam rumah.

Saya paling anti pakai sandal di dalam rumah. Bagi saya rumah merupakan surga dunia nih jadi sebisa mungkin harus menciptakan rasa nyaman bagi penghuninya.

Kesimpulan

Demikian penjelasan singkat saya mengapa 5 pekerjaan rumah tangga di atas harus rutin dilakukan. 

Jika teman-teman punya asistem rumah tangga maka akan sangat membantu sekali dalam membuat kondisi rumah menjadi bersih dan nyaman. 

Tapi jika tidak punya asisten rumah tangga seperti saya maka jadikan pekerjaan rumah tangga tersebut menyenangkan tanpa beban.

Ohya yang ingin membaca artikek seputar travelling bisa mengunjungi Blognya blogger Betawi yang bernama Kak Inna. 


Mariatanjungmenulis
Mariatanjungmenulis Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi saya via email mariatanjung81@gmail.com atau direct message via Instagram @mariatanjungmenulis

21 komentar untuk "5 Pekerjaan Rumah Tangga yang Harus Rutin Dikerjakan"

  1. Iya banget kak. Kalau sehari enggak nyuci piring sampe enggak nyuci baju. Alhasil mereka beranak-pinak secara cepat. Makin ditunda makin numpuk. Emang paling bener buat ngerjain tugas rumah tangga pas masih dikit

    BalasHapus
  2. duh acara menyetrika itu loh mbak yang belum bisa digantikan dengan mesin. Saya biasanya sambil menjadwalkan dengan menonton, baru deh kelar itu kerjaan rutin hari minggu.

    BalasHapus
  3. Saya suka mengerjakan pekerjaan rumah tangga, tapi hanya di rumah sendiri. Kalau di rumah orang lain, males haha.

    Nah, dari daftar yang disebutkan di atas, hanya menguras dan membersihkan kamar mandi yang jarang saya lakukan sendiri, biasanya saya tugaskan pada yang lain :D

    BalasHapus
  4. Cuci piring kalau aku. Bahkan, walaupun sudah dilakukan secara rutin, entah kenapa kayak ada penghuni rumah yang nggak ikhlas kalau lihat wastafel cucian piring kosong. Sebel.

    Padahal kalau tidak segera dicuci, nanti malamnya ganti tak ada sendok buat makan. Wkwkkk

    BalasHapus
  5. Motong rumput juga mbak. Eh, tapi bagi yang rumahnya berumput dan rumputnya rajin tumbuh kali ya. Kalau yang rumahnya tak berumput, well...selamat, nggak perlu capek2 motongin rumput saban 2 minggu sekali.

    BalasHapus
  6. Setiap hari nih nggak jauh-jauh dari cuci piring, cuci baju, dan juga menyapu. Kalau nyetrika ini selalu nyicil kalau sudah ada 2 atau 3 setel baju, karena kalau udah numpuk uuuuh buset lelah sekali bisa 2 jam baru kelar XD

    BalasHapus
  7. Aku paling suka mengerjakan pekerjaan rumah semua yang sudah dituliskan di atas mulai dari mencuci piring, menyapu lantai, hingga mencuci pakaian. Tapi kenapa aku malas sekali untuk menyetrika. Nggak kuat deh kalau menyetrika, jadi biasanya dilaundry khusus setrika.

    BalasHapus
  8. Menjadi Ibu Rumah Tangga itu tanggung jawabnya luar biasa, ya. Tapi malah banyak di remehkan oleh orang di luar sana. Padahal ngga semua orang bisa ngerjain pekerjaan rumah. Sebagai makhluk yang belum menikah, untuk melakukan pekerjaan di rumah itu kadang mager banget, asli. Kalau ngga ke trigger perbandingan dengan anak tetangga yaa gitu.. ngoahaha :D

    BalasHapus
  9. Paling suka cuci piring mbak. Pokoknya semua peralatan masak dan makan minum harus bersih banget dan agak keset pokoknya biar terhindar dari lemak dan sisa makanan yang masih menempel.

    BalasHapus
  10. Kalo saya, pekerjaan rumah tangga yang membuat saya merasa bersalah tidak melakukannya adalah memasak. Karena makanan itu akan masuk ke badan dan menjadi darah daging. Penting bagi saya untuk tahu asal bahan mentahnya, kehalalan, kondisi kesegaran, bumbu yang dipakai, dan apakah seleranya sesuai keluarga. Bila sulit saya mengetahuinya, saya paksakan diri untuk memasak. Sementara pekerjaan rumah tangga lain bisa didelegasikan dengan orang lain 🥰.

    BalasHapus
  11. Aku paling suka mencuci piring dan mencuci baju.
    Rasanya seneng banget bisa mainan air. Tapi kalau setrika, huhuu....lelahnya bukan main. Padahal asa cuma duduk yaa..?

    BalasHapus
  12. Beberapa pekerjaan rumah tangga di atas yang sering dilakukan, ya jelas nyapu dan cuci piring. Secara punya anak kecil mbak jadi rumah tuh jarsng terjaga kebersihannya. Apalagi kalau udsh terlanjur main. Wah, bisa kayak kapal. Pecah. Hahaha

    BalasHapus
  13. Wah aku kalau bisa pilih paling ga suka cuci baju mbak..bawaannya ngantuk aja.. males sebenarnya wkwkw mungkin krna baju yg mau dicuci itu cenderung kotor ya ..kalau seterika aku suka banget karena baju sudah bersih dan wangi hehehe

    BalasHapus
  14. Dari ke 5 kerjaan rumah tangga yg paling mager itu nyetrika aku mbak 😅 gak tau kenapa males banget kl mau mulainya, apalagi hrs seharian ngadepin strikaan kl pas bnyk2nya 😔

    BalasHapus
  15. Pekerjaan rumah tangga itu mank ga ada habisnya ya hahahaha..... Aku merasakan bangetz rasanya bosan

    BalasHapus
  16. Aku gak rutin untuk urusan nyuci dan setrika, bisanya cuma sabtu or minggu.Kalau aku rajin sabtu bisa aku kerjain semua nih pekerjaan rumah tangga , habis itu tepar hahahah

    BalasHapus
  17. Pekerjaan rumah tangga yang seringnya nyebelin. Gimana gak nyebelin, mau dikerjain kadang capek, gak dikerjain makin numpuk dan jadi beban. hadeh... dilema emak-emak ini wkkkk

    BalasHapus
  18. Pekerjaan rumah tangga yang tiada berujung ya bagi emak emak, karena dari bangun tidur sampai tidur lagi tetap ada aja yang kita kerjakan.
    Tapi biasanya yang paling aku dahulukan biasanya masak.

    BalasHapus
  19. Pekerjaan rumah Tangga Aku tuh males semua mbak. Suka awang-awangen gitu. Tapi kalau pas kumat rajinnya semua dikerjain Tanpa sadar Bersih semua

    BalasHapus
  20. Itu pekerjaan rumah wajib kecuali setrika, aku nyerah deh kalau lagi malas ya sudah setrika baju untuk dipakai aja tapi kalau soal nyupir alias nyuci piring sejak menikah aku ahlinya hahaha gelarku udah profesor karena tiap hari bisa 3-4 kali cuci piring.

    BalasHapus
  21. Iyess betul tapi mbaksay karena sejak memutuskan dirumah saja tekat bulet tanpa pembantu sejak anak 1 lahir sampai skrg dah gedhe Alhamdulillah bonusnya BB stabil 😀

    BalasHapus