Resep Masak Hemat dari Yummy App: Buat Isi Dompet Tak Cepat Habis

Resep Masak Hemat dari Yummy App


Percaya ga kalau kita bisa buat resep masak hemat dari bahan-bahan yang sederhana namun tetap lezat dan juga bergizi. Kalau saya pribadi percaya banget apalagi kita sudah tahu apa yang akan dimasak untuk hari ini dan hari berikutnya.

Saat pandemi sekarang membuat saya dan suami harus berhemat dalam setiap pengeluaran. Hal ini dilakukan dengan tujuan mengantisipasi agar ketika membutuhkan dana darurat, kami berdua tidak kaget apalagi ada dua orang ibu yang harus dibiayai.

Bagi saya pribadi, makanan sehari-hari yang kami konsumsi tidak perlu mahal asal bergizi dan mampu memberikan nutrisi sepanjang hari. Dan saya pribadi memang sedang mengurangi karbo sehingga biasanya sih makan lauk saja ketika di rumah. Maklum, lagi menjalani program penurunan berat badan nih, hehehe.

Resep sederhana


Beberapa tips berhemat dalam rumah tangga yang biasa saya lakukan diantaranya:
  1. Belanja sesuai kebutuhan dan mengesampingkan keinginan.
  2. Tidak menyetok kebutuhan rumah tangga terlalu banyak. Kalau sebelum pandemi katakanlah saya biasa berbelanja kebutuhan rumah untuk stok selama dua sampai tiga bulan maka selama pandemi ini saya sesuaikan hanya belanja untuk satu bulan saja.
  3. Berhemat energi untuk kegiatan sehari-hari di rumah seperti penggunaan listrik dan air
  4. Memasak hemat untuk satu rumah
Kebetulan saya dan suami belum punya anak sehingga untuk urusan makan sih mudah saja ya bagi kami berdua. Namun semenjak pandemi, kebiasaan jajan di luar sudah kami hentikan dengan memasak camilan sederhana di rumah. Kalaupun ingin jajan, maka cukup satu atau dua minggu sekali.

Di rumah ada ibu saya yang sudah sepuh dan inginnya sih kadang beliau suka ngemil ya. Jadi di rumah harus selalu ada camilan biasanya sih seperti gorengan gitu. Tapi kan kalau makan gorengan terus jadi kurang sehat ya metabolisme tubuh kita, maka kadang juga kami di rumah masak camilan dengan cara merebus. 

Masak hemat dompet tenang

Biasanya saya dan ibu sebelum pergi ke pasar selalu memikirkan menu untuk satu minggu ke depan dan jika memang ada kurang-kurangnya, ibu biasa beli pelengkapnya di bapak sayur langganan yang selalu mampir ke rumah setiap jam sepuluh pagi.

Nah, beberapa lauk yang biasa kami beli untuk di stok rumah selama satu minggu antara lain:
  • Telur 1 kg
  • Ayam 1kg
  • Tempe
  • Tahu
  • Kentang, jagung pipil dan wortel
  • Sayuran seperti daun prei seledri, daun bawang, baby buncis, manisa dan beberapa jenis sayuran lainnya.
Bahan-bahan di atas tentu saja tidak langsung kami masak seketika itu namun akan dimasak selang-seling agar tidak bosan tentunya. Karena di rumah hanya ada orang dewasa maka tentu saja porsi makan standar dan tidak terlalu besar ya.

Kalau dipikir-pikir bisa gak sih saya masak hanya dengan beberapa lauk yang telah saya tulis di atas? Maka jawabannya adalah tentu saja bisa karena saya menggunakan aplikasi memasak yang bisa diakses melalui smartphone. Apa sih aplikasi tersebut? Yuk simak cerita saya selanjutnya.

Berkenalan dengan Yummy App: Aplikasi Memasak yang Bisa Menyesuaikan Budget Harian

Awalnya bingung masak makanan sehari-hari yang bisa menghemat pengeluaran saya sekeluarga. Apalagi di masa pandemi yang tidak pasti ini. Namun saya bertekad harus mulai mengubah kebiasaan makan di keluarga. Yang penting gizi terpenuhi untuk seluruh anggota keluarga. Kalau bisa memasak dengan anggaran yang minim sekaligus enak, mengapa tidak!

Akhirnya setelah googling sana sini, bertemulah saya dengan aplikasi memasak yang bernama Yummy App dan banyak sekali ulasan positif yang saya baca di internet mengenai Yummy App ini.

Saya pun menginstall aplikasi Yummy App di smartphone. Lagipula, keahlian memasak saya masih di bawah standar sehingga apa salahnya jika saya install aplikasi memasak sekalian belajar juga.

Setelah mendaftar melalui akun Google, wow saya sudah dipanggil chef Maria nih oleh Yummy App. Berasa malu karena saya belum expert dibanding emak-emak lain di Indonesia, hihihi.

Beberapa kelebihan Yummy App dibanding aplikasi memasak lainnya adalah:
  • Terdapat jenis bahan masakan yang bisa dipilih sesuai dengan yang kita miliki di rumah
Ketika bingung mau masak apa sementara bahan makanan di kulkas sudah menipis, maka Anda tak perlu bingung karena tinggal ketik nama bahan yang Anda miliki akan muncul menu yang bisa dikreasikan.

Misalnya saja bahan di kulkas hanya tinggal kubisa dan juga 2 butir telur maka Anda bisa mengkreasikan menjadi orak arik kubis yang bisa dimakan untuk dua sampai tiga porsi. Cukup mudah dan mengenyangkan bukan!
  • Terdapat filter budget untuk memilih jenis menu sesuai anggaran harian kita
Seperti yang telah saya tulis di awal bahwa pandemi membuat saya dan suami berinisiatif untuk mengencangkan ikat pinggang dikarenakan ketidakpastian dalam suasana kerja kami berdua.

Di Yummy App, saya pun bisa mengatur budget berapa rupiah yang harus dibelanjakan untuk membuat resep masakan yang hemat namun juga bergizi.
  • Bisa membuat resep sendiri dan menguploadnya ke aplikasi Yummy App.
Tidak ada salahnya mengkreasikan resep masakan sesekali jika sedang ada waktu luang. Nah, Yummy App memberikan kesempatan bagi saya sebagai seorang pemula untuk membuat resep masakan sendiri dan bisa juga lho diupload ke Yummy App.

Siapa tahu saja ada member lain tertarik dan membuat masakan dari resep yang kita tulis. Kalau resep kita sudah dikenal sesama member di Yummy App, bukankah bisa menjadi peluang lain seperti mendapat rewards atas pencapaian tersebut. Who knows!
  • Ada pilihan durasi memasak sampai berapa porsi masakan yang bisa disajikan
Sebagai pekerja kantoran di luar rumah tentu waktu saya lebih banyak dihabiskan di kantor. Nah, kalau Pagi hari biasanya saya hanya memiliki waktu sekitar maksimal satu jam untuk memasak. Terkadang saya dibantu Ibu jika sudah tidak sempat sama sekali.

Namun terasa sungkan apabila terus menerus dibantu Ibu di dapur. Dengan menggunakan Yummy App maka kita dapat menentukan durasi memasak tanpa khawatir terlambat masuk kerja.

Kesimpulan

Demikian cerita mengenai pengalaman saya dalam menggunakan berbagai fitur yang disediakan oleh Yummy App. Saya pun senang karena bisa berhemat dengan mencari menu sesuai anggaran rumah tangga kami.

Bagi emak-emak di luar sana, saya sarankan untuk install aplikasi Yummy App ini di smartphone kalian karena tidak ada ruginya sama sekali lho. Minimal kalian bisa mendapatkan ide apabila sedang buntu dalam mencari ide menu masakan setiap hari, 

Apalagi bagi kalian yang memiliki anak kecil di rumah tentu harus pintar-pintar mengkreasikan menu masakan agar si kecil tidak bosan makan. Kalau sudah makan, yang ada nantinya bisa GTM lho moms. Gawat kan!

Yuk, install aplikasi Yummy App sekarang juga dan dapatkan berbagai manfaatnya!

Mariatanjungmenulis
Mariatanjungmenulis Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi saya via email mariatanjung81@gmail.com atau direct message via Instagram @mariatanjungmenulis

5 komentar untuk "Resep Masak Hemat dari Yummy App: Buat Isi Dompet Tak Cepat Habis"

  1. Wiih keren ya kak yummy app ini, download juga ah biar pinter masak

    BalasHapus
  2. Filter budget tuh kayaknya cuma ada di Yummy App deh. Penting buat tanggal tua nih, supaya tetap bisa masak sehat dan enak.
    Kepoin ah, sambil cek-cek lemari es, ada apa aja nih...

    BalasHapus
  3. aplikasi yummy App memang top deh. Ada banyak pilihan menu yang bisa dieksekusi, terutama bagi ibu pekerja yang hanya memiliki waktu terbatas. aku juga sudah unduh lho.

    BalasHapus
  4. Wah saya kurang ngulik, ternyata ada fitur budget di aplikasi Yummy. Bermanfaat banget sambil perencanaan keuangan keluarga ya Mbak.

    Makasih reviewnya

    BalasHapus
  5. Saya lgsg cus install yummy app nih mba. Fitur budget nya cocok banged buat saya��

    BalasHapus