Belajar Menjaga Kesehatan Dari Kuman Bersama Lagu Hoala dan Koala

Hoala koala inspirasi lagu anak


Setiap anak juga diwajibkan untuk menjaga kesehatan dari kuman dan bukan menjadi tugas orang dewasa saja. Hal ini dikarenakan anak merupakan individu yang masih dalam proses pertumbuhan serta bergerak aktif dalam setiap aktivitasnya. Apakah masih ingat bagaimana masa kecil kalian yang selalu ingin tahu terhadap banyak hal. Bermain mungkin kegiatan anak semasa kecil, baik itu ketika di sekolah maupun bersama teman di lingkungan sekitar.

Namun anak tetaplah anak dimana tentunya masih belum bisa mengurus diri mereka sendiri. Peran orang tua sebagai pengawas dan juga pemberi arahan pada anak tentu sangat penting demi terbebas dari kuman. 

Saya menyadari sendiri ketika kecil dimana selalu saja diingatkan oleh orang tua untuk tak lupa mencuci tangan dan kaki setelah bermain seharian. Bahkan yang lebih ekstrim adalah selalu berganti baju setelah bermain di luar dan masuk rumah harus selalu dalam keadaan bersih.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kuman adalah binatang yang amat kecil yang dapat menyebabkan penyakit kudis. Tentu bukan hanya penyakit kudis yang disebabkan oleh kuman, namun ada banyak penyakit lainnya apabila anak tidak menjaga kebersihan badan mereka.

Anak harus menjaga kesehatan dari kuman tentu saja dalam upaya pencegahan diri terhadap serangan penyakit. Kita tidak pernah tahu kapan penyakit akan datang namun sebisa mungkin anak harus dilindungi dari terpapar virus maupun bakteri. Ingat, biaya pengobatan lebih mahal dari biaya pemeliharan kesehatan lho Bunda!


Beberapa langkah agar anak terhindari dari kuman, diantaranya:

1. Mandi Teratur

Terkadang anak susah untuk diajak mandi oleh kedua orang tuanya. Kalau sudah bermain pasti lupa waktu dan asyik dengan aktivitas mereka sendiri. Alhasil, anak akan lupa mandi bahkan tidak mau mandi.

Duh, anak yang jarang mandi pasti rentan terserang penyakit donk moms. Mengapa bisa begitu? Ya karena dengan tidak penah mandi maka kulit tubuh akan semakin menimbun sel kulit mati yang disebabkan oleh keringat dan juga debu dari aktivitas di luar rumah.

Bahaya dari jarang mandi bagi anak tentu saja anak akan lebih mudah terkena penyakit kulit seperti eksim dan juga penyakit kulit lainnya. 

2. Rajin Gosok Gigi

Sedari anak mulai tumbuh gigi biasanya orang tua akan melatih untuk menggosok gigi dengan cara yang sederhana. Dari berlatih tersebut maka anak akan terbiasa sampai besar terbawa untuk rajin menggosok gigi.

Namun sering saya mendengar curhatan orang tua yang memiliki anak malas menggosok gigi. Padahal kesehatan gigi dan mulut itu penting bagi setiap individu 

3. Cuci Tangan Setiap Habis dari Luar Rumah

Biasanya anak sehabis dari bermain di luar rumah sering lupa nih bun menjaga kebersihan tangan mereka. Saking laparnya, mereka langsung comot saja makanan di atas meja makan padahal belum cuci tangan. Padahal tangan yang belum dicuci sehabis bermain dari luar rumah berpotensi menularkan bakteri yang akan menyebabkan penyakit pada anak.

Anak bisa terserang diare, disentri dan berbagai penyakit infeksi perut lainnya apabila lupa atau lalai mencuci tangan sehabis beraktivitas di luar rumah.

Lalu bagaimana sih agar sejak dini anak bisa disiplin dalam menjaga kesehatan dari kuman? Sementara kadang ayah dan bunda sering lupa menasihati anak saking sibuknya dengan urusan kerja di kantor dan urusan rumah tangga.

Jangan kuatir, ayah dan bunda bisa mengajak anak mendengarkan lagu yang sarat akan pesan moral, yaitu menjaga kesehatan dari kuman. Tentunya pesan moral ini bertujuan agar anak selalu sehat dan terhindari dari penyakit.



Belajar Menjaga Kesehatan Dari Kuman Dengan Mendengarkan Lagu Hoala Koala

Daripada marah-marah tidak jelas kepada anak, yuk ajak anak mendengarkan lagu Hoala dan Koala tentang menjaga kesehatan dari kuman di channel Youtube di rumah. Lagu anak kuman Hoala Koala mengajarkan kepada anak mengenai pentingnya kesehatan agar terhindari dari kuman.

Awalnya saya sangsi apakah masih ada lagu anak zaman sekarang yang penuh pesan moral. Sampai akhirnya saya mencari tahu sendiri melalui internet dan juga Youtube ternyata ada lho! 

Hoala dan Koala didirikan oleh PT. Amnar Awandi Kazoku sebagai ide menciptakan tokoh animasi 3D yang bisa bernyanyi dan dalam lagu tersebut banyak pelajaran yang bisa dipahami oleh anak-anak, salah satunya menjaga tentang menjaga kesehatan tubuh dari kuman.

Selain tokoh Hoala dan Koala, juga ada tokoh lain yang menginspirasi Miss Jeruk, Ayah dan Ibu. Untuk Ayah dan Bunda, jangan kuatir ketika bingung menghadirkan hiburan untuk buah hati. Kalian bisa membuka channel Youtube atau berlangganan Spotify dan juga iTunes.


Kesimpulan

Tak perlu mengomel panjang lebar untuk para Bunda agar anak-anaknya mau cuci tangan setelah bermain di luar seharian. Cukup perdengarkan saja Lagu Hoala dan Koala kepada anak-anak agar mereka tergerak untuk selalu menjaga kesehatan dari kuman.

Apalagi lagu-lagu dari Hoala dan Koala dimainkan oleh banyak alat musik sehingga tidak membosankan para anak ketika mendengarkan.

Jadi tunggu apa lagi, yuk setel lagu Hoala dan Koala sekarang juga untuk buah hati Anda ya!
Mariatanjungmenulis
Mariatanjungmenulis Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi saya via email mariatanjung81@gmail.com atau direct message via Instagram @mariatanjungmenulis

5 komentar untuk "Belajar Menjaga Kesehatan Dari Kuman Bersama Lagu Hoala dan Koala"

  1. akhirna ada lagu khusus buat anak - anak udah gitu tentang menjaga kesehatan lagi. auto kepo nyari di yutube

    BalasHapus
  2. Menarik sekali, aku mau langsung cari lagu Hoala dan Koalan

    BalasHapus
  3. Wah bener nih kalau dengar lagu anak pasti cepat nangjepnya termasuk cara menjaga kebersihan

    BalasHapus
  4. Haha.. udah denger dong lagunya. Liriknya mudah dipahami, anakku kuga suka ngikutin.

    BalasHapus
  5. Anak-anak memang suka ya klo ndengerin lagu-lagu kayak begitu, ditambah visual video yang bagus bakal bikin betah sihh.

    BalasHapus