Tips Memilih Lembaga Amil Zakat Terpercaya

 
Lembaga Amil Zakat Terpercaya


Saat ini sudah banyak sekali lembaga amil zakat di Indonesia. Namun pilihlah Lembaga Amil Zakat Terpercaya dimana Anda akan rutin mengeluarkan sebagian dari harta yang dimiliki untuk melakukan amal kebajikan.

Sebagai umat Muslim, tentunya bagi yang mampu maka wajib untuk mengeluarkan zakat fitrah mereka setiap menjelang hari raya Idul Fitri. Sementara di hari-hari biasa dianjurkan bagi kita umat Muslim untuk mengeluarkan infaq dan sedekah sebagai pensuci harta yang selama ini didapatkan.

Saya ingin memberikan sedikit pengalaman bahwa dari tahun 2008 saya mulai rutin mengeluarkan infaq dan sedekah kepada mereka yang membutuhkan.

Biasanya saya selalu menyalurkan zakat, infaq dan sedekah melalui lembaga zakat yang dekat dengan tempat tinggal. Ada petugas fundraiser yang khusus bertugas menjemput zakat, infaq dan sedekah kita. 

Dari saya pribadi, kita harus bisa mengetahui dan memilih Lembaga Amil Zakat yang terpercaya dalam mengemban amanah menyalurkan dana zakat, infaq dan sedekah milik umat.

Adapun tips dalam memilih Lembaga Zakat Terpercaya agar tepat sasaran antara lain:
  • Memiliki Legalitas Secara Hukum
Legalitas diperlukan guna memperkuat kepercayaan bagi masyarakat yang ingin berzakat, infaq dan sedekah melalui lembaga Amil Zakat tersebut.

Selain itu juga, dengan adanya legalitas hukum maka lembaga Amil Zakat akan selalu diawasi dalam setiap kegiatan operasionalnya. Jika dirasa terindikasi ada penyimpangan maka pemerintah tidak akan segan-segan mencabut legalitas tersebut.
  • Terdapat Struktur Kepengurusan yang Jelas
Adanya struktur kepengurusan dalam Lembaga Amil Zakat tentu saja akan mempermudah kita mengenali siapa saja yang bertanggung jawab terhadap penyaluran dana umat tersebut. Hal ini bertujuan agar dapat menghubungi pengurus Lembaga Amil Zakat apabila kita sebagai donatur memiliki program berdonasi secara kolektif misalnya dengan teman-teman di kantor.
  • Transparan Dalam Pengelolaan Dana Umat
Sebagai umat Muslim, walau ikhlas dalam menunaikan zakat, infaq dan sedekahnya namun tentu ingin adanya transparansi dalam pengelolaan dana mereka.

Lembaga Amil Zakat yang terpercaya tentunya setiap tahun akan memberikan laporan keuangan berupa kemana saja bantuan telah disalurkan.
  • Memiliki Integritas dan Amanah
Sebagai donatur yang rutin menyalurkan zakat, infaq dan sedekahnya tentu saya pribadi akan memilih lembaga Amil Zakat yang amanah dalam menyalurkan dana umat Muslim.

Hal ini tentu saja bertujuan demi tercapainya kesejahteraan umat Muslim yang memang membutuhkan uluran tangan melalui zakat, infaq dan sedekah umat Muslim lainnya yang lebih mampu secara ekonomi.

Lembaga Amil Zakat al Hilal: Wujudkan Niat Baik Anda Membantu Mereka yang Membutuhkan

Bagi Anda yang masih bingung hendak menyalurkan zakat, infaq dan sedekah kemana maka jangan kuatir karena Lembaga Amil Zakat Al Hilal dapat menjadi perantara bagi Anda untuk beramal sholeh. 

Didirikan sejak tahun 2002 di kota Bandung, LAZ al Hilal sudah berpengalaman dalam menyalurkan dana umat. Tentu saja berada di bawah izin Departemen Agama.

Bagi Anda yang berada di luar kota bahkan luar propinsi sekalipun, tidak perlu khawatir karena tetap dapat melakukan zakat, infaq dan sedekah dengan transfer ke LAZ al Hilal ke rekening yang tertera di situsnya.


Penutup

Demikian tips sederhana dari saya ketika hendak memilih lembaga amil Zakat untuk menyalurkan zakat, infaq dan sedekah.

Mari wujudkan keadilan sosial bagi seluruh umat Muslim dengan membantu saudara-saudara kita yang masih berada di bawah garis kesejahteraan.


Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi saya via email mariatanjung81@gmail.com atau direct message via Instagram @mariatanjungmenulis

15 komentar untuk "Tips Memilih Lembaga Amil Zakat Terpercaya"

  1. meneliti dan membaca lembaga amil zakat pernah dilakukan dahulu waktu membuat karya ilmiah, betul tips diatas bermanfaat bagi pembaca

    BalasHapus
  2. Saya setuju banget mbak. Memilih amil zakat terpercaya, sudah menjadi langkah awal yang tepat untuk memberikan sebagian rezeki kita kepada yang membutuhkan. Karena terpercaya, pastilah kita tenang saat membagikan harta untuk zakat.

    BalasHapus
  3. wah jadi walopun aku di Jakarta tetap bisa menyalurkan ZIS ke LAZ Al Hilal ini dong yaa? Oke juga nih, thanks yaa infonyaaa

    BalasHapus
  4. Tips yang sangat bermanfaat dalam memilih Lembaga Amil Zakat. Dengan adanya Laz Al Hilal membantu ummat yang ingin memberikan bantuan dan tentunya ada rasa aman karena sudah mendapat izin dari Departemen Agama Indonesia

    BalasHapus
  5. setuju banget dengan semua tips di atas Mbak

    karena pernah saya lihat Lembaga Amil Zakat yang bagi-bagi zakat pada orang yang mampu, smartphone nya edisi terbaru

    percayakan saja pada Lembaga Amil Zakat Al Hilal yang telah memenuhi semua kriteria

    BalasHapus
  6. Banyak banget ya sekarang yang mengatasnamakan kebaikan untuk berbuat kejahatan. Ada aja motifnya.M

    harus selektif dalam memilih lembaga amil zakat ya kak.T semoga al hilal enggak deh. Amin

    BalasHapus
  7. Beberapa tahun belakangan ini sebenernya makin mudah ya kalau mau bayar zakat, infak, sedekah. Bisa lewat transfer ke lembaga amil zakat. Aku juga gitu, kecuali zakat fitrah, sih. Khusus yang satu ini ke masjid kompleks aja.

    BalasHapus
  8. iya ya kak, memilih lembaga zakat emang g bs sembarangan ya
    Harus pilih yg terpercaya ya mbak

    BalasHapus
  9. kepengurusan yang jelas sangat menambah value ya mbak. orang nitipin uangnya jadi gk wory mau dialokasikan kemana. sejauh ini, ulasan beginian sangat membantu bagi yang membutuhkan

    BalasHapus
  10. Selama ini saya berpikir kalau legal dan transparan sudah cukup. Ternyata ada tambahan lagi dan yang jelas makin mengokohkan kepercayaan ya.

    BalasHapus
  11. Mengetahui dan memilih Lembaga Amil Zakat yang terpercaya itu penting ya mbak, supaya dana zakat, infaq dan sedekah milik umat benar-benar sampai kepada yang berhak. Terima kasih atas tipsnya yang sangat berguna.

    BalasHapus
  12. Artikel tentang tips dalam memilih Lembaga Zakat Terpercaya, sangat bermanfaat sekali. Mengingat saat ini sedang meningkatnya kesadaran umat dalam berzakat. Hal ini menuntut lembaga zakat yg amanah dan bisa dipertanggungjawabkan

    BalasHapus
  13. Kalau tinggal di kota besar memang harus jeli memilih badan amil zakat yang amanah. Beda dengan di pedesaan yang setiap orang saling mengenal dan bisa disalurkan langsung pada orang yang berhak menerima.

    BalasHapus
  14. Pilih lembaga amil zakat terpecaya butuh kehati-hatian ya...agar amanah sehingga apa yang dilakukan berkah. Seperti punya legalitas hukum karena jika begitu ada izin operasional dan pengawasan dari pemerintah

    BalasHapus
  15. Urusan untuk umat begini memang harus care banget sih,diperhatikan dengan benar-benar agar kita juga tahu kemana uang bantuan disalurkan ya. Penting juga ketahui sudah ada izin atau belum karena sekarang pun banyak yang mengatasnamakan untuk bantuan tetapi justru ada oknumnya pakai pribadi.

    BalasHapus