Bangga Menjadi Bagian Dari Komunitas ISB

 
Komunitas ISB

Menjadi seorang blogger bagi saya harus memiliki jejaring yang luas agar semakin banyak informasi yang didapatkan. Begitu pula dengan saya ketika memutuskan untuk menekuni dunia kepenulisan khususnya ngeblog. Tak pernah terbayang bisa 3 tahun bisa bertahan dan Insha Allah masih konsisten menulis di blog.

Dulu saya berkomitmen harus ikut dan gabung di semua komunitas blogger. Bersyukur akhirnya keinginan saya terkabul dengan menjadi anggota dari beberapa komunitas blogger. Salah satunya adalah Komunitas Indonesian Social Blogpreneur.

Komunitas Indonesian Social Blogpreneur atau yang biasa disingkat dengan ISB bisa dikatakan komunitas pertama dimana saya bergabung di dalamnya. Jadi kalau tidak saya pertama kalinya saya mengikuti webinar short course yang diselenggarakan Komunitas ISB dengan Teh Ani Berta sebagai pembicara. Kebetulan Teh Ani merupakan founder dari Komunitas ISB.

Banyak sekali manfaat positif yang saya dapatkan setelah mengikuti short course yang diselenggarakan oleh Komunitas ISB, diantaranya:
  • Mendapat banyak insight serta pengetahuan bagaimana menjadi blogger yang baru pertama kali terjun ke dunia blogging.
Menjadi blogger newbie tentunya sesuatu hal yang baru bagi saya. Agak bingung juga ketika masuk grup WhatsApp dan membaca obrolan dari pada blogger senior. Tentu saya harus menyesuaikan diri sebagai blogger baru. Dengan mengikuti short course yang diselenggarakan secara online oleh Komunitas ISB, maka saya bisa banyak belajar apa yang harus dilakukan sebagai blogger newbie. Content is the king merupakan salah satu yang disampaikan oleh Teh Ani Berta. Saya harus rutin mengisi blog dengan artikel yang berkualitas.
  • Mendapat pengetahuan bagaimana caranya melakukan branding terhadap diri sendiri sebagai blogger.
Ingin lebih dikenal sebagai blogger, tentu harus ada usaha untuk itu. Branding diri sebagai blogger merupakan salah satu usaha yang harus kita lakukan. Gunakan semua media sosial yang kita miliki untuk memperkenalkan diri sebagai blogger. Siapa tahu saja ada tawaran kerja yang datang karena sudah melakukan teknik branding di media sosial.
  • Mendapat teman baru sesama blogger dimana otomatis membuka jejaring relasi yang lebih luas lagi.
Ketika sudah diberi kesempatan untuk bergabung dengan berbagai komunitas, maka pergunakanlah dengan sebaik mungkin. Mendapat teman baru tentunya akan semakin memperluas pergaulan kita sebagai blogger. Gunakan hal tersebut untuk mendapatkan informasi seputar kegiatan menambah skill menulis, informasi apabila ada job menulis, dan lain sebagainya.

Instagram Komunitas ISB

Penutup

Blogger merupakan profesi yang mungkin tidak banyak diketahui oleh masyarakat pada umumnya. Namun jika kalian menekuni profesi blogger, maka akan ada banyak peluang yang bisa dimanfaatkan. 

Saya bangga menjadi bagian dari Komunitas ISB yang memberi banyak edukasi mengenai bagaimana seharusnya menjadi blogger.

Semoga ke depannya, Komunitas ISB bisa banyak mengadakan program-program yang berkaitan dengan bagaimana cara meningkatkan kualitas tulisan bagi para blogger, khususnya blogger baru. Saya pribadi meskipun sudah 3 tahun berkecimpung di dunia blogging, namun akan selalu menempatkan diri sebagai blogger baru yang akan terus belajar.



Blogger Surabaya
Blogger Surabaya Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi via email mariatanjung7@gmail.com

Posting Komentar untuk "Bangga Menjadi Bagian Dari Komunitas ISB "