Mudik Pakai Kereta, Ini 5 Tips Naik Kereta Agar Perjalanan Makin Nyaman

 
5 Tips Naik Kereta
Credit Photo: Pexels



Mendekati Hari Raya Idul Fitri, kamu pasti udah ga asing lagi dengan kegiatan berkunjung ke kampung halaman alias mudik yang hampir dilakukan oleh seluruh penduduk di Indonesia. Oleh karena itu, ada banyak pilihan moda transportasi untuk mudik ke kampung halaman, mulai dari menggunakan pesawat terbang, kapal laut, hingga jalur darat seperti membawa mobil pribadi atau menggunakan kereta api. Kereta api menjadi salah satu pilihan transportasi yang efektif, karena harga tiket yang cukup terjangkau dan menawarkan kenyamanan bagi penumpang.

Karena itu, tiket kereta api kerap habis bahkan beberapa minggu sebelum lebaran tiba. Nah, biar kamu ga kehabisan tiket, kamu bisa nih beli tiket kereta api di Traveloka dengan cepat, aman, dan juga praktis. Ada banyak pilihan jadwal keberangkatan dengan berbagai tujuan yang bisa kamu pilih. Pokoknya, beli tiket buat lebaran di Traveloka jadi lebih gampang, deh!

Agar perjalanan mudik dengan kereta api semakin nyaman, ini 5 tips yang bisa kamu simak!

1. Perhatikan Jadwal Keberangkatan

Tips yang pertama adalah memperhatikan jadwal keberangkatan kamu. Setelah kamu berhasil membeli tiket kereta api di Traveloka, tiket bisa kamu periksa di menu Pesanan atau My Booking. Di menu tersebut, kamu bisa lihat detail tiket pesanan kamu, termasuk tujuan, jam, stasiun, nama kereta, dan juga nomor kursi.

Agar lebih pasti, kamu bisa cek kembali jadwal keberangkatan kamu beberapa hari sebelum hari H. Berbeda dengan naik pesawat, kereta api punya beberapa pilihan stasiun keberangkatan. Jadi, pastikan kembali stasiun keberangkatan kamu agar tidak salah turun, ya! Selain itu, cek juga jam keberangkatan kereta. Setidaknya, kamu sudah sampai di stasiun 1 jam sebelum jadwal keberangkatan. Hal ini perlu kamu lakukan untuk menghindari kamu dari keterlambatan. Jika sudah begitu, yang bisa kamu lakukan adalah memesan tiket kereta lagi, deh.

2. Perhatikan Barang Bawaan

Tips selanjutnya adalah memperhatikan barang bawaan kamu. Memang, bertemu dengan sanak saudara yang sudah lama tidak berjumpa bikin kamu ingin membawakan banyak buah tangan menarik dari tempat kamu. Namun, kamu juga perlu perhatikan nih aturan mengenai barang bawaan dari Kereta Api Indonesia (KAI). Ini aturan barang bawaan kereta api:

  • Setiap penumpang diperbolehkan membawa bagasi kereta api dengan berat maksimum 20 kg dengan volume maksimum 100 dm3 dan ukurannya maksimal 70 cm x 48 cm x 30 cm. Lalu, sebanyak-banyaknya terdiri dari 4 barang bawaan
  • Kalau kamu membawa barang yang melebihi aturan berat dan juga ukuran, barang tersebut tetap boleh kamu bawa namun dikenakan biaya kelebihan bagasi dengan rincian: Rp.10.000/kg untuk kelas eksekutif, Rp. 6.000/kg untuk kelas bisnis, dan Rp. 2.000 untuk kelas ekonomi.
  • Untuk barang bawaan dengan berat lebih dari 40 kg atau dimensi 200 dm3, tidak diperbolehkan dibawa ke dalam kabin kereta dan disarankan untuk dikirim menggunakan jasa pengiriman seperti KAI Logistik
  • Ingin bawa sepeda? Bisa! Namun, ketentuan sepedanya adalah jenis sepeda lipat dengan berat maksimal 20kg ,ukuran roda maksimal 22 inci dan dimensi maksimal 100 cm x 40 cm x 30 cm.
  • Tidak semua barang bisa kamu bawa ya untuk masuk ke kabin kereta. Kamu dilarang membawa barang dengan ketentuan seperti binatang, barang psikotropika atau zat adiktif, senjata api dan senjata tajam, barang mudah terbakar, papan selancar, dan barang berbau tajam/busuk/amis yang dapat mengganggu kenyamanan perjalanan semua penumpang.
  • Jika kamu tetap membawa barang yang tidak sesuai dengan aturan dan tidak punya surat bagasi, kamu akan dikenakan denda sebesar Rp50000 / 5kg untuk kelas eksekutif, Rp30000/5kg untuk kelas bisnis atau ekonomi komersial, dan Rp15000/5kg untuk kelas ekonomi non komersial.

3.    Pilih Tempat Duduk

Tips ini cocok buat kamu yang ingin duduk di sebelah jendela, sehingga bisa melihat pemandangan secara leluasa. Saat kamu beli tiket kereta kelas bisnis atau eksekutif di Traveloka, kamu diperbolehkan untuk memilih tempat duduk. Nah, biar perjalanan kamu ga membosankan, kamu bisa nih pilih tempat duduk di samping jendela.

Atau, jika kamu ingin bepergian dalam jumlah banyak, kamu bisa pilih kursi mana saja agar tetap berdekatan. Kamu bisa pilih kursi yang ada di belakang atau depan kamu, ataupun kursi yang ada di samping kamu. Nah, kalau kamu pilih kelas eksekutif dan ingin duduk berhadapan juga bisa, kok!

Caranya, pilih dua seat dengan urutan depan dan belakang. Nah, penumpang yang duduk di kursi depan bisa memutar kursinya sehingga menghadap ke kamu. Jika bingung, kamu bisa meminta bantuan awak kabin kereta, ya!

4. Jaga Barang Bawaan Kamu!

Salah satu kelebihan kereta api adalah kamu tetap bisa mengakses internet dan main media sosial selama di perjalanan. Untuk mengakomodasi hal tersebut, saat ini kereta sudah dilengkapi dengan colokan yang dapat kamu gunakan untuk mengisi daya smartphone atau bahkan laptop kamu. Jadi, kamu ga usah takut kehabisan baterai saat di perjalanan. Kamu bisa nonton film di Hp atau di laptop dengan nyaman, deh.

Tapi, saat ingin turun, periksa dan jaga barang bawaan kamu, ya! Walaupun kamu ingin pergi sebentar ke toilet, pastikan alat elektronik yang kamu bawa sudah disimpan dengan aman agar terhindar dari tangan usil orang yang tidak bertanggung jawab. Lalu saat sudah sampai di tujuan, cek lagi barang bawaan kamu, terutama charger kamu.

5. Bawa Jaket

Suhu di kabin kereta api akan cukup dingin, terutama jika kamu bepergian di malam hari. Walaupun kamu akan mendapatkan selimut jika duduk di kelas eksekutif, namun akan lebih nyaman lagi jika kamu membawa jaket, sweater, atau baju hangat lainnya agar kamu bisa istirahat dengan nyaman dan tidak kedinginan, deh!

Nah, itu dia 5 tips penting yang bisa kamu simak jika ingin mudik atau liburan menggunakan kereta api. Yuk, beli tiket kereta api di Traveloka! Ada banyak keuntungan beli tiket kereta di Traveloka, mulai dari transaksi yang cepat, mudah dan juga aman, hingga banyak pilihan destinasinya.

Blogger Surabaya
Blogger Surabaya Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi via email mariatanjung7@gmail.com

Posting Komentar untuk "Mudik Pakai Kereta, Ini 5 Tips Naik Kereta Agar Perjalanan Makin Nyaman"